Android Q Mulai Dikembangkan dengan Fokus Pada UI dan Keamanan!

0
669
Android Q Terbaru
Copyright ©XDA Developers

Bocoran Android Q Akan Didukung Dark Mode dan Fokus Privasi!

OKETEKNO.COM – Di tahun 2019 ini memang sejumlah produsen smartphone meluncurkan ponssel terbaru besutannya dengan dukungan sistem operasi terbaru Google yakni Android 9 Pie. Bahkan sejumlah vendor ponsel juga mulai menggulirkan pembaruan software untuk sejumlah smartphone yang telah beredar di pasaran. Namun sebagian besar smartphone android yang telah memenuhi syarat bahkan belum memperoleh update Android Pie. Belum merasakan citarasa Android Pie kini dikabarkan bahwa Google tengah mengembangkan generasi terbaru bertajuk Android Q yang diungkap oleh orang-orang di XDA Developers.

Seperti diketahui sistem operasi Android 9 Pie sendiri baru mulai didistribusikan oleh beberapa pabrikan smartphone ke perangkat besutannya. Kini ada rumor terbaru yang menyebutkan versi penerus sistem operasi mobile berikutnya yang disebut-sebut adalah Android Q. Kabarnya sistem operasi ini mulai dalam tahap awal pengembangan dengan fokus utama pada UI serta keamanan.

Baca Juga Xiaomi Mi 8 SE dengan OS Android Q Terlihat di GeekBench!

Kabar tersebut berawal dari bocoran screenshot dan video hands-on dari build awal yang beredar di dunia maya. Dari bocoran tersebut kita dapat melihat sejumlah perbaikan yang akan dimasukkan dalam sistem operasi Android Q mendatang. Disebut-sebut sistem operasi penerus Android 9 Pie ini akan mempunyai fitur Dark Mode dimana fitur ini tentunya akan sangat berguna khususnya bagi smartphone layar OLED serta dapat menghemat dalam pemakaian daya baterainya.

Bukan hanya itu saja, mode gelap atau dark mode dalam Android Q ini nantinya juga akan sangat bermanfaat untuk pengguna supaya mata tidak cepat lelah dan tegang saat terus menerus melihat layar smartphone di malam hari. Kendati demikian fitur Dark Mode ini disebutkan harus diaktifkan secara manual dalam menu Display Setting untuk mempergunakannya.

Dark Mode Android Q
Copyright ©XDA Developers

Setelah fitur mode gelap diaktifkan maka dark mode dalam Android Q ini akan mengubah tampilan antarmuka dalam layar perangkat menjadi gelap. Untuk elemen putih akan berubah menjadi warna abu-abu gelap dan beberapa elemen seperti notifikasi juga sejumlah panel lain akan diubah menjadi warna hitam.

Rumor Android Q dengan dukungan Dark Mode ini kabarnya juga akan tetap kompatibel dengan aplikasi yang tidak mendukung Dark Mode. Bukan hanya itu saja, sistem operasi terbaru ini juga akan menawarkan peningkatan privasi dan juga keamanan dengan dukungan menu ‘Permissions’ yang telah diubah.

Sementara terkait fitur-fitur dalam Android Q tersebut, sistem memungkinkan untuk memeriksa izin aplikasi secara indivisual langsung dari pengaturannya juga membatasi izin saat aplikasi terbuka. Untuk informasi terkait izin aplikasi sendiri juga akan ditampilkan di tab notifikasi saat diperlukan.

Baca Juga Google Pixel 3 XL Nongkrong di Geekbench dengan OS Android Q!

Dua pilihan keamanan penting lain juga akan ditambahkan dalam Android Q yaitu “Time to take Action” dan juga “Time to Read”. Fitur ini memungkinkan pengaturan berapa lama untuk dapat menampilkan pesan yang diminta oleh pengguna untuk mengambil tindakan serta pemberitahuan yang tidak membutuhkan tindakan.

Lebih lanjut dalam sistem operasi terbaru Android Q ini juga akan ada Mode Desktop yang memungkinkan untuk meluncurkan sejumlah jendela aplikasi dengan mengetuknya. Selain itu ada pula ‘Game Update Package Preferences’ dimana memungkinkan pengguna dapat memilih driver grafisnya sendiri.

Dan yang terakhir adalah, sistem operasi Android Q ini juga akan membawakan fitur untuk mematikan sensor juga dua pengaturran layar kunci baru untuk menjaga perangkat tetap terjaga dalam durasi lebih lama saat dekat dengan perangkat lain yang terkoneksi. Selengkapnya kita nantikan saja Google resmi memperkenalkan OS terbaru Android ini.

Baca Juga Xiaomi Pocophone F1 Akan Peroleh Update Android Pie Hingga Android Q!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.