Windows Phone Resmi Dimatikan, Microsoft: Silakan Beralih ke Android atau iPhone!

0
597
Windows Phone Dimatikan
Copyright ©PCMag

RIP Windows Phone, Microsoft Hentikan Dukungan di Tahun 2019 ini!

OKETEKNO.COM – Rakasa teknologi Microsoft yang berbasis di Redmon, Amerika Serikat akhirnya memberikan pengumuman mengejutkan.  Microsoft resmi mengangkat bendera putih untuk pengembangan sistem operasi mobile besutannya untuk tablet atau smartphone. Ya, sang vendor resmi mengumumkan bahwa pihaknya resmi mematikan Windows Phone pada tahun 2019 ini untuk perangkat tablet dan smartphone.

Di tahun 2019 ini menjadi tahun terakhir umur Windows Phone sebagai sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Microsoft. OS Windows untuk perangkat mobile ini akan secara resmi dimatikan pada tanggal 10 Desember 2019 mendatang. Hal ini berarti bahwa Microsoft sudah tidak lagi memberikan support untuk perangkat berbasis Windows Phone.

Baca Juga Android Q Mulai Dikembangkan dengan Fokus Pada UI dan Keamanan!

Sontak saja keputusan dari Microsoft ini membuat sejumlah pengguna berangkat dengan OS Windows Phone terkejut dan bertanya-tanya. Tentunya hal ini terkait apa yang harus diperbuat oleh para pengguna Windows 10 Mobile untuk perangkat yang tengah mereka pakai saat ini.

Menanggapi hal itu pihak Microsoft sendiri merekomendasikan untuk para pengguna Windows Phone supaya  mereka segera ‘berpindah’ pada perangkat dengan sistem operasi Android maupun iOS. Nampaknya kabar OS Windows untuk mobile yang segera dimatikan ini memang bukan hanya isapan jempol semata.

Perlu diketahui bahwa perangkat Windows Phone yang menggunakan sistem operasi Windows 10 Mobile versi 1709 akan mendapatkan tambalan dukungan keamanan sampai 10 Desember 2019. Setelah itu Microsoft sudah tidak memberikan dukungan karena OS tersebut akan dimatikan. Sedangkan untuk perangkat model Lumia 640 dan Lumia 640 XL dengan Windows 10 Mobile versi 1703 hanya mampu bertahan sampai 11 Juni 2019.

Lantaran hal itu, vendor yang digawangi oleh Satya Nadella ini pun memberikan saran untuk mereka yang masih mempunyai dan menggunakan smartphone Windows Phone agar secara manual melakukan backup menggunakan tool bawaan sebelum tanggal pembekuan perangkat tiba.

Baca Juga Daftar Smartphone Android 4G Terbaik Paling Murah Dibawah Rp 1 Juta

Terlepas dari Windows Phone yang resmi dimatikan tahun ini, Cortana yang merupakan asisten suara Microsoft diposisikan bukan ssebagai pesaing untuk asisten suara Google Assistant maupun Amazon Alexa. Namun Corata dibanggakan oleh Microsoft sebagai asisten suara yang dikembangkannya untuk tujuan memberikan nilai tambah unttuk platform besutannya.

Namun yang menjadi pertanyaan saat ini adalah, apakah masih cukup banyak orang yang masih menggunakan smartphone berbasis Windows Phone? Hal ini mengingat bahwa sistem operasi Android besutan Google telah mendominasi pasar dengan harga bervariasi di semua segmen. Apalagi juga da perangkat iOS besutan Apple yang juga tak kalah menariknya.

Tentunya bagi para pengguna perangkat smartphone atau tablet Windows saat ini dapat mulai melirik perangkat berbasis Android atau iOS yang banyak mendominasi pasar. Dan akhir kata kita perlu mengucapkan, “selamat tinggal untuk Windows Phone dan terima kasih untuk Microsoft”.

Baca Juga Ini Daftar Samsung Galaxy yang Terima Jatah Update Android 9 Pie, Cek Punyamu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.