Setelah WhatsApp, Instagram Juga Batasi Pengguna Unggah Postingan?

0
433
Hoax Instagram
Copyright ©Sky

Instagram Klarifikasi Kabar Pembatasan Posting Para Penggunanya

Oketekno.com – Kasus penyebaran Hoax selalu menghantui para pengurus layanan sosial media, mereka selalu berusaha untuk mencari cara menekan berita palsu tersebar bebas dan lancar di layanan miliknya. Untuk meminimalisir kasus tersebut, pihak WhatsApp pun memutuskan untuk membatasi forward pesan hanya sebanyak 5x saja.

Belum lama ini ada kabar yang menyebutkan kalau layanan Instagram juga menerapkan sistem yang sama, yakni membatasi para penggunanya dalam menyebarkan konten. Kemarin lalu telah disebutkan kalau layanan berbagi foto dan video pendek ini telah menerapkan algoritma baru dimana para pengguna hanya diperbolehkan untuk mengunggah konten dengan jangkauan 7% dari penggunanya saja.

Simak Nih: Cara Bagikan Instagram Stories ke Facebook

Sekedar pengetahuan saja bahwa Instagram dan WhatsApp merupakan layanan yang sama-sama berada dibawah naungan Facebook Inc. sehingga wajar saja kalau platform tersebut saling tiru-meniru, mana fitur yang bisa diterima dengan baik, bisa jadi bakal diaplikasikan ke platform lain miliknya.

Klarifikasi Instagram
Copyright ©Oketekno, via https://twitter.com/instagram/status/1087853297036275712

Namun ternyata tidak lama setelah informasi ini beredar luas, pihak Instagram langsung bergerak cepat yang mana telah mengklarifikasi kebenaran dari kabar tersebut melalui akun Twitter resminya. Pihak pengembang telah memberikan fakta dan jawaban sebenarnya mengenai kehadiran algoritma yang membatasi jangkauan pemirsa para penggunanya itu.

Ketahui Yuk: Tanpa Aplikasi Tambahan Lagi, Begini Cara “Share” Video IGTV ke Instagram Stories

“Kami belum melakukan perubahan apapun untuk memberikan peringkat pada konten dan kami tidak pernah menyembunyikan postingan dari yang Anda ikuti – jika terus bergulir dari yang Anda ikuti. Sekali lagi, konten anda dipersonalisasi sesuai keinginan Anda dan berkembang seiring waktu berdasarkan cara Anda menggunakan Instagram” seperti itulah klarifikasi resmi yang disampaikan melalui sosial media Twitter miliknya.

Seperti yang kita ketahui bahwa kalau di layanan pesan instant WhatsApp, pembatasan ini memang sangat berpengaruh karena memang pengguna itu sendiri yang mengendalikan penyebaran, sehingga tau kalangan mana saja yang menjadi target berikutnya. Beda dengan platform Instagram dimana ketika kita sekali posting, maka yang mengatur untuk menampilkan di mana saja itu adalah algoritma.

Harapan pengguna Instagram tentu ingin unggahannya itu tampil di semua temannya dan berharap untuk mendapatkan like sebanyak mungkin. Akan tetapi terkadang hal ini tidak tersampaikan karena beberapa alasan.

baca juga: Cara Jadikan Instagram Stories Langsung ke Status WhatsApp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.