Penggabungan 3 Layanan Facebook Bisa Buat Pengguna WhatsApp Hancur?

0
789
WhatsApp and Facebook
Copyright ©CNet

Keamanan WhatsApp Terancam 

Oketekno.com – Sebagai raksasa sosial media di Dunia, Facebook memiliki 2 layanan lain yang tidak kalah populernya jika dibandingkan dengan layanan utama tersebut, diantaranya yakni Instagram dan WhatsApp. Yang mengejutkan lagi adalah kemarin lalu sempat diungkap kalau pengguna aktif harian W.A lebih banyak ketimbang FB.

Tidak lama setelahnya, Mark Zuckerberg sebagai pemimpin perusahaan tersebut telah melontarkan rencananya yang bakal diterapkan nantinya. Ia mengungkap kalau ketiga layanan populernya ini bakal digabungkan menjadi satu alias “Merger”.

Simak Nih: Cara Menghapus Semua Foto Sekaligus Pada Percakapan Tertentu di WhatsApp

Tentu saja untuk pernyataan tersebut telah menuai tanggapan dari berbagai kalangan, termasuk Komisi Perlindungan Data Irlandia. Komisi ini paham kalau hal tersebut masih sebatas wacana saja, dan mungkin raksasa sosmed ini belum bergerak jauh. Akan tetapi, pihaknya sudah meminta jaminan kepada pihak Facebook kalau rencana penggabungan layanan ini sudah sesuai dengan peraturan privasi yang ada di General Data Protection Regulation (GDPR).

 

Facebook WhatsApp Instagram
Copyright ©financialexpress

Perlu diketahui bahwa perusahaan Facebook ini sering kali melakukan keteledoran dimana pada tahun 2016 silam, perusahaan ini mencoba untuk membagikan data penggunanya yang telah dikumpulkan oleh layanan WhatsAp dengan tujuan bisnis yang besar. Akan tetapi usahanya ini berhasil digagalkan oleh badan pengawas perlindungan data inggris.

Disisi lain, berkenaan dengan rencana Mark Zuckerberg tentang penggabungan Facebook, WhatsApp dan Instagram. Anggota Parlemen Amerika Serikat telah mengungkap kalau seandainya salah satu perusahaan terbesar di AS tersebut tidak mengakuisisi W.A dan Instagram, maka persaingan sosial media sekarang ini sudah sengit dan dampaknya lebih positif.

Kemudian dengan bergabungnya layanan WhatsApp yang selama ini dikenal dengan endkrips end-to-end yang baik ke layanan Facebook, nantinya bisa menjadi buruk dan tidak dipercaya lagi oleh para penggunanya.

Pasalnya dengan bergabungnya layanan pesan instant paling populer di Dunia ini ke layanan Facebook dan Instagram, maka sistem keamanannya akan sedikit terbuka dimana celah tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh peretas maupun pihak perusahaan sendiri untuk mengambil data privasi pengguna demi keuntungan pribadi.

baca juga: Cara Melindungi Chat WhatsApp dengan Fingerprint Tanpa Aplikasi Tambahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.