Ribuan Akun Facebook dan Instagram Saracen di Indonesia Telah Dibersihkan

0
451
Facebook
Copyright ©Searchenginejournal

Sebagian Penyebar Berita Hoax di Indonesia Telah Dibasmi

Oketekno.com – Penyebaran berita Hoax hingga kini masih menjadi fokus perhatian sebagian besar platform sosial media dan pesan instant. Pasalnya, penyebaran berita palsu di berbagai layanan seperti itu tidak bisa dihentikan dengan mudah. Dan sebaliknya, waktu yang dibutuhkan untuk tersebar ke ribuan pengguna lain sangat singkat.

Belum lama ini telah diungkap kalau di Indonesia, total ada ribuan akun yang menyebarkan informasi palsu serta berkaitan dengan kelompok Saracen sudah dibersihkan, entah itu akun maupun halaman di Facebook maupun Instagram. Perlu diketahui bahwa, Saracen sendiri merupakan kelompok yang menggunakan ribuan akun sosmed untuk menebar kebencian.

Simak Nih: Alami Banyak Kasus Tapi Jumlah Pengguna Facebook Tetap Bertambah

Ribuan akun yang dimaksudkan disini terdiri dari 207 halaman, 800 akun Facebook, 546 grup dan 208 akun Instagram. Salah satu akun sosmed yang masuk dalam daftar penghapusan ini ialah milik Permadi Arya atau biasa dikenal dengan Abu Janda.

Facebook
Copyright ©androidauthority

“Seluruh halaman, akun dan grup ini memiliki hubungan dengan saracen-grup sindikasi online di Indonesia. Penyalahgunaan platform yang dilakukan oleh Saracen dengan memakai akun yang tidak otentik adalah pelanggaran terhadap kebijakan kami, dan karena itulah kami menghapus seluruh jaringan organisasi tersebut dari platform,” seperti itulah yang diungkap oleh Nathaniel Gleicher selaku menjadi Head of Cybersecurity Policy melalui keterangan resminya.

Sebagaimana yang dilansir dari laman Newsroom Facebook, seluruh halaman, akun dan juga grup yang dihapus ini diketahui karena pola dan perilakunya, bukan soal konten yang telah di posting di akun miliknya sendiri. Diketahui orang yang mengikuti halaman Fb maupun Instagram kelompok Saracen ini tidaklah sedikit, untuk Fanspage ada yang mencapai 170.000, sedangkan salah satu akun Instagram yang dihapus ada yang mencapai 65.000 pengikut.

Akan tetapi, pihak Facebook tidak memberikan daftar mendetail tentang ribuan akun yang dibersihkan tersebut. Dalam keterangan resmi yang diberikan, hanya disebutkan beberapa diantaranya saja, yakni ac milan indo (Grup), berita hari ini (Grup), Permadi Arya (Halaman), Kata Warga (Halaman), dan Darknet ID (Halaman).

baca juga: Facebook Rela Bayar Demi Dapatkan Privasi Penggunanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.