Pengguna YouTube Bakal Tidak Bisa Lagi Berikan Dislike?

0
678
YouTube
Copyright ©Engadget

 Tombol Dislike di YouTube Bakal Dihilangkan?

Oketekno.com – Platform media streaming terpopuler YouTube memiliki beberapa fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk memberikan tanggapan terhadap video yang diunggah oleh para konten kreator, mulai dari pemberian jempol, dislike hingga komentar.

Berbagai macam fitur tersebut seharusnya digunakan secara bijak agar para konten kreator yang dikritik dapat melakukan intropeksi diri hal seperti apa yang diinginkan oleh para penonton. Namun beberapa waktu ini fitur tersebut sering kali di salah gunakan, salah satu korbannya adalah YouTube Rewind.

Simak Nih: Cara Mendapatkan URL Kustom Untuk Channel YouTube

Video yang diunggah oleh YouTube ini telah mengalami Dislike Mobs dimana para viewers terpicu oleh pengguna lainnya untuk memberikan dislike meski belum melihat video sepenuhnya sekalipun. Hal yang melatar belakangi ini adalah komentar buruk dan juga tombol dislike yang sudah banyak di pencet.

YouTube Rewinds
Copyright ©Engadget

Melihat kejadian YouTube Rewinds yang mendapatkan reputasi buruk di tahun 2018 kemarin, pihak pengembang langsung memikirkan bagaimana cara untuk mengatasi serangan dislike. Director of Project Manager YouTube bernama Tom Leung telah mengungkap ada beberapa alternatif yang bakal diterapkan.

Ketahui Yuk: Cara Streaming YouTube di Safari iOS

Untuk strategi pertama yang bakal digunakan adalah menyembunyikan metrik video secara default, sehingga para penonton tidak bisa melihat jumlah like maupun dislike dari video tertentu, kecuali jika YouTuber bersedia mempublikasikannya. Namun, hal ini akan berdampak buruk karena respon positif juga tidak bisa dilihat, sehingga viewers tidak mengetahui seberapa menariknya video tersebut.

Strategi kedua adalah memberikan notifikasi setiap pengguna hendak berikan dislike, mereka juga diberikan kotak untuk menyampaikan alasan kenapa harus dislike video tersebut. Dan yang terakhir adalah meniadakan tombol dislike.

Memang cukup ekstrem langkah ini, akan tetapi dampaknya akan baik bagi para konten kreator YouTube yang kerap kali diserang tombol dislike. Namun, ini masih sebuah rancangan dimana nantinya bakal ada strategi lain yang mungkin lebih efektif untuk menangani permasalahan tersebut.

baca juga: Cara Memutar Video YouTube Tanpa Membuka Aplikasinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.