Berbagai Manfaat yang Didapat dari Dark Mode WhatsApp dan Aplikasi Lainnya

0
1336
Dark Mode
Copyright ©mobilesyrup

Manfaat Dark Mode WhatsApp dan Platform Lainnya 

Oketekno.com – Hingga kini memang masih belum resmi dihadirkan, akan tetapi berbagai macam bocoran tentang Dark Mode WhatsApp sudah begitu pasti dan kelihatannya benar-benar akan digulirkan kepada para penggunanya di masa mendatang. Mengingat hal tersebut, tentu layanan pesan instant ini sedikit terlambat jika dibanding dengan lainnya.

Messenger, Telegram, Twitter, dan beberapa platform lainnya terlihat sudah mulai mengadopsi fitur gelap tersebut. Seolah-olah, Dark Mode ini begitu trending di zaman sekarang sehingga banyak yang mulai mengadopsinya, bahkan Android Q di masa depan kabarnya juga bakal dilengkapi dengan Dark Mode juga.

Simak Nih: Awas! Sering Pindah Akun WhatsApp ke Hp Lain Bisa Kena Blokir

Melalui mode ini, nantinya layar akan terlihat makin redup dan tidak ada latar belakang putih yang mencolok. Lantas, apa saja sih manfaat yang didapatkan dari Dark Mode yang tengah mulai diadopsi di berbagai layanan dan platform ini? Berikut hasil penelitian Akademisi dari University of Cambridge Silas Brown.

Dark Mode On Off
Copyright ©Google Chrome

Sebagaimana yang dilansir dari laman My Broadband, manfaat terbesar yang didapatkan pengguna adalah pengurangan cahaya warna biru, dengan begitu pengguna akan merasa lebih nyaman untuk memandang perangkat. Perlu diketahui bahwa untuk cahaya biru ini bisa menjadikan mata terus terjaga sehingga siklus tidur pengguna akan terganggu.

“Kelelahan mata akibat cahaya silau dari gadget juga bisa dikurangi dengan dark mode. Bagi orang-orang dengan kondisi mata mengalami gangguan medis seperti photophobia, dark mode bisa mengurangi mata pegal,” seperti itulah ungkapnya.

Selain itu, Brown juga memberikan penjelasan kalau tampilan gelap tak sekedar bermanfaat untuk kesehatan pandangan pengguna saja. Secara teknis warna serba gelap pada Dark Mode ini juga memberikan manfaat bagi perangkat lantaran mengkonsumsi energi yang lebih sedikit. “Beberapa warna juga lebih menonjol pada latar belakang hitam daripada putih, sehingga membantu ketika mencoba menyorot informasi tertentu pada sebuah halaman,” keterangan lanjutan sekaligus akhir dalam pernyataan hasil penelitiannya.

baca juga: Fitur Pemindai Wajah dan Sidik Jari Mulai Hadir di WhatsApp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.