Cara Screenshot Panjang Chat WhatsApp Tanpa Aplikasi

0
4186
WhatsApp
Copyright ©Liputan6

Cara Screenshot Panjang di WhatsApp

Oketekno – Mungkin beberapa kali kita pernah melakukan percakapan dengan seseorang tentang suatu hal yang penting lewat WhatsApp, kemudian untuk hasil percakapan tersebut ingin ditunjukkan kepada teman kita agar sama-sama mengetahui isi percakapannya.

Tentu saja kalau untuk menyalin satu per satu percakapannya, mungkin sedikit ribet dan membutuhkan waktu lama. Dengan begitu salah satu cara terbaiknya adalah melakukan screenshot memanjang seluruh isi percakapan tersebut. Bagi beberapa orang mungkin akan melakukan cara sambung menyambung percakapan, tapi pada kesempatan kali ini kita akan membagikan trik yang lebih praktis.

Simak Nih: Cara Mudah Bersihkan Sampah Foto WhatsApp dengan Sekali Klik

Ya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas soal cara screenshot panjang tanpa putus di WhatsApp tanpa menggunakan tambahan aplikasi lain. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

SS WhatsApp
Copyright ©YouTube

Cara Screenshoot Panjang di WhatsApp

Untuk melakukan cara ini, kita hanya perlu memanfaatkan fitur screenshot memanjang yang sudah disediakan oleh sistem UI Smartphone. Pada kesempatan kali ini kita menggunakan Smartphone Xiaomi yang sudah mendukung fitur tersebut. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Ketahui  Yuk: Cara Membuat Isi Pesan WhatsApp Tidak Nampak di Notifikasi

  • Pertama, kalian bisa masuk ke percakapan WhatsApp yang hendak ditangkap terlebih dahulu
  • Setelah itu silahkan screenshot layar mulai dari percakapan paling atas dengan cara menekan power dan volume down bersamaan, mengusap 3 jari kebawah, atau mungkin melalui shortcut yang terdapat di menu bar
  • Ketika tangkapan layar pertama selesai dilakukan, maka kalian akan mendapatkan hasil yang mengambang di pojok kiri atas. Klik hasil tersebut
  • Nantinya kalian akan mendapatkan beberapa opsi lainnya, seperti gulir, kirim, ubah dan hapus. Disini kita klik gulir
  • Dengan begitu sistem akan melakukan tangkapan layar secara terus menerus hingga habis. Namun kalau kalian ingin menangkapnya tidak sampai bawah, bisa klik selesai jika dirasa sudah cukup
  • Selesai deh, kalian akan mendapatkan hasil tangkapan layar memanjang mudah tanpa aplikasi lain.

Untuk hasil memang menjadi kecil-kecil karena memanjang, akan tetapi jika kalian ingin melihatnya dengan jelas maka bisa klik 2x gambar tersebut, alias perbesar. Tapi ingat, jangan dikirimkan melalui WhatsApp, email, maupun layanan pesan instant lainnya karena hasil tidak bisa maksimal. Kalian bisa menggunakan aplikasi transfer file seperti Share It, Xender, atau mungkin melalui google drive agar gambar dapat dilihat dengan jelas.

Seperti itulah guys cara screenshot panjang chat WhatsApp tanpa aplikasi yang bisa kalian coba sendiri. Oh ya, jika perangkat kalian tidak mendukung fitur ini bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti LongShot untuk melakukan screenshot panjang. Selamat mencoba.

baca juga: Cara Melaporkan dan Blokir Nomor WhatsApp yang Mengganggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.