Bukan Hanya Konten Video Saja, YouTube Bakal Blokir Akun Jika Ada Hal Negatif Disini

0
1888
YouTube Warning
Copyright ©TNW

Ternyata Komentar Juga Bisa Blokir YouTube

Oketekno – Seperti yang kita ketahui bahwa YouTube sekarang ini telah melakukan berbagai macam upaya untuk memberantas segala hal yang bermuatan Negatif di platform media streaming paling populer di Dunia miliknya. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman penggunaan yang baik terhadap para penggunanya.

Dan ternyata untuk larangan konten video yang diunggah di platform tersebut tidak harus bebas dari konten negatif, melainkan komentar juga berpengaruh terhadap pemblokiran akun penggunanya. Ya mungkin untuk kesalahan pertama dan kedua masih bisa diperingatkan saja, akan tetapi kalau tetap membiarkan komentar negatif terunggah di konten video miliknya, maka akan dilakukan pembekuan akun.

Simak Nih: Deretan Aplikasi Streaming Video Keren yang Patut Dicoba

Belum lama ini Disney, Nestle, hingga Epic Games (pengembang Fortnite) telah melakukan penarikan iklan miliknya dari YouTube. Untuk konten video yang dibuatnya memang sudah menarik dan bebas dari hal Negatif, akan tetapi komentarnya yang tidak aman untuk dipertunjukkan.

Disney YouTube
Copyright ©Disney Channel

Untuk kontroversi ini sendiri pertama kali dilaporkan oleh Matt Watson, salah satu YouTuber ternama. Melalui channel miliknya, ia telah mengungkap kalau menemukan jaringan pedofil dimana telah meninggalkan komentar di beberapa video yang ditujukan untuk anak, terutama untuk anak perempuan.

Ketahui Yuk: Beberapa Fakta Paling Menarik dari YouTube Selama 14 Tahun Berjalan

Bagian komentar dari video iklan tersebut nampak dijejali oleh komentar dari pedofil, bukan kata-kata melainkan komentarnya adalah berupa link untuk P*rnografi anak. Tidak hanya itu saja, beberapa ada yang memberikan timestamp dimana menunjukkan anak perempuan yang tengah dalam posisi implisit s*ksual.

Dengan begitu, ketika ada salah satu anak atau orang klik link tersebut maka algoritma YouTube jelas akan merekomendasikan video serupa. Jadi, ketika sudah menonton sebuah video maka bisa secara terus menerus bakal ditonton.

Atas kejadian ini, Disney dan seluruh anak perusahaan Nestle di AS serta Epic Games juga telah memberhentikan penayangan iklan miliknya di YouTube untuk memperbaiki konten promosi miliknya itu guna diunggah di kemudian haru dengan penayangan lebih fresh dan terhindar dari beragam komentar buruk.

baca juga: YouTube Blokir Video Pokemon Go dan Dianggap P*rnografi, Kok Bisa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.