Apple Biarkan Beberapa Aplikasi iOS Berbagi Data dengan Facebook?

0
356
Facebook iOS
Copyright ©Mashable

Apple Biarkan Aplikasi Lain Berbagi Data dengan Facebook?

Oketekno – Apple selalu berusaha sebaik mungkin untuk menjaga keamanan sitem operasinya dari berbagai ancaman kebocoran data, serangan virus dan semacamnya. Beberapa pihak pengembang sendiri juga mengungkap kalau iOS memang memiliki peraturan lebih ketat jika dibandingkan dengan Android, sehingga wajar saja kalau ada perbedaan di kedua platform tersebut.

Salah satu hal yang dijaga ketat adalah persoalan berbagi data pengguna dengan aplikasi, melalui jalur ini memungkinkan para developer untuk melakukan pemantauan terhadap segala aktivitas dan privasi penggunanya. Akan tetapi, belum lama ini ada laporan yang menyebut kalau sejumlah aplikasi di App Store telah berbagi data dengan Facebook secara sepihak.

Simak Nih: Cara Gampang Ganti Nama Profil di Facebook

Berdasarkan pemikiran secara umum, tentu hal seperti ini sudah menyalahi peraturan sehingga aplikasi tersebut perlu dipertimbangkan kehadirannya di toko aplikasi milik Apple tersebut. Pasalnya ini menyangkut keamanan privasi pengguna dimana yang seharusnya data itu tidak boleh diketahui oleh Facebook, namun tetap bisa didapatkan melalui bantuan aplikasi lain.

Apple Store
Copyright ©Cultofmac

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman MacRumors, telah ditemukan beberapa aplikasi yang melakukan transaksi data pengguna ke Facebook, meski aplikasi FB sedang tidak aktif di perangkat yang bersangkutan.

Ketahui Yuk: Pengguna Bisa Sedikit Aman Dari Intaian Facebook dengan Cara Ini

Akan tetapi, saat ini kebijakan Apple yang tidak mengharuskan pengembang untuk mengungkap semua mitra yang mereka bagikan datanya. Dengan begitu bisa diartikan kalau sejumlah aplikasi ini mungkin memang sudah dalam hak-nya untuk berbagi data dengan sang raksasa sosial media tersebut.

“Ketika kami mendengar ada pengembang yang melanggar persyaratan dan panduan privasi yang ketat ini, kami segera menyelidiki dan jika perlu, mengambil tindakan segera,” seperti itulah yang diungkap oleh juru bicara Apple ketika dimintai keterangan terkait permasalahan tersebut.

Sampai sejauh ini, beberapa aplikasi yang terindikasi berbagi data dengan Facebook ini diketahui masih aman-aman saja berada di App Store. Belum ada peringatan maupun tanda pembekuan sementara lainnya yang muncul terhadap sejumlah aplikasi tersebut.

baca juga: Deretan Sosial Media Terpopuler di Dunia, Facebook Tetap Juara?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.