Beginilah Perkembangan WhatsApp Selama 10 Tahun Beroperasi

0
308
Cara Menghentikan Download Foto WhatsApp Otomatis B
Copyright ©PonselGue

Perjalanan WhatsApp Selama 10 Tahun

Oketekno – Saat ini sebagian besar pengguna Smartphone pasti mengandalkan layanan pesan Instant WhatsApp sebagai komunikasi utamanya. Banyak sekali fitur yang tersaji di platform tersebut, sehingga membuat para penggunanya nyaman dan betah mengoperasikannya. Namun apakah sejak pertama dirilis, fiturnya sudah sebanyak itu? Tentu saja tidak guys.

Pada tanggal 24 Februari 2019 kemarin umur WhatsApp genap 10 tahun, dan tingkat popularitasnya sudah luar biasa, bahkan untuk jumlah pengguna aktif hariannya saja kini sudah berhasil mengalahkan Facebook. Pada tahun 2009 silam, di tengah popularitas BlackBerry Messenger, telah dihadirkan W.A sebagai solusi alternatif yang diklaim lebih efisien dan nyaman.

Simak Nih: Cara Mudah Membuat Status Boomerang di WhatsApp

WhatsApp hadir untuk platform Android dan iOS, kemudian pada bulan Desember 2009 telah dihadirkan fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berkirim foto dan video. Kemudian dilanjutkan dengan penambahan fitur Share Location pada bulan Juni 2010, sehingga layanan pesan instant ini memiliki lebih banyak fungsi.

WhatsApp 10 Tahun
Copyright ©WhatsApp

Kemudian pada bulan Februari 2011 WhatsApp telah mendapatkan fitur Group Chat dimana memungkinkan para penggunanya untuk berinteraksi bersama dalam 1 ruang percakapan. Dan pada bulan Oktober 2011, jumlah pesan yang berhasil terkirim dalam sehari tembus angka 1 milyar.

Ketahui Yuk: Cara Percepat Smartphone Android & iOS dengan Membersihkan Data Grup WhatsApp

Cukup lama tidak mendapatkan pembaruan, pada akhirnya pada bulan Agustus 2013 dihadirkan kembali pembaruan untuk menambahkan fitur Voice Messages yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan suara kepada pengguna lain. Dan di bulan April 2014, jumlah penggunanya tembus 500 milyar, kemudian di bulan Oktober Facebook mulai datang untuk membeli platform pesan instant tersebut. Lalu 1 bulan setelahnya, dihadirkan fitur baru berupa ikon centang yang dapat memberitahukan pengguna apakah pesannya sudah terbaca oleh si penerima atau belum.

Setelah itu, pada bulan Januari 2015 layanan WhatsApp Web mulai dibuka sehingga pengguna yang dominan di perangkat Komputer tidak perlu bolak-balik cek hp untuk membaca atau membalas pesan. Dan di tahun 2016 prestasi yang didapat serta pembaruan yang diberikan diantaranya yakni seperti 1 milyar pengguna aktif setiap bulannya, endkripsi end-to-end, WhatsApp Desktop, dan video call.

Dan pada tahun 2018 kemarin jumlah penggunanya sudah mencapai 1.5 milyar setiap bulan. Kemudian dirilis pula aplikasi WhatsApp Business, menghadirkan fitur Group Calling dan juga Stickers. Dan kalau dilihat, perkembangannya memang begitu pesat dan pembaruan fiturnya juga lebih aktif setelah diakuisisi Facebook.

baca juga: WhatsApp Perbaiki Fitur Keamanan Terbarunya yang Mudah Diretas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.