Facebook Segera Rilis Fitur Baru Untuk Hapus Sejarah Penggunanya

0
354
Facebook Privasi
Copyright ©Shutterstock

Facebook Bakal Bisa Hapus History

Oketekno – Setelah terjerumus ke dalam masalah penyalahgunaan data privasi para penggunanya, kini Facebook terus melakukan berbagai macam cara untuk membuat platform miliknya itu menjadi lebih aman dan kembali dipercaya oleh masyarakat luas. Diberitakan kalau sekarang ini keamanan data sudah menjadi prioritas utamanya.

Beberapa waktu lalu, raksasa sosial media ini telah menghadirkan fitur dimana para penggunanya dapat mengunduh seluruh datanya yang tersimpan di Server Facebook. Dengan begini mereka dapat menjaga privasinya sendiri, dan kemungkinan bocor ke pihak ketiga juga cukup kecil.

Simak Nih: Deretan Sosial Media Terpopuler di Dunia, Facebook Tetap Juara?

Dan sekarang kabarnya segera dihadirkan fitur baru lainnya yang masih berkaitan dengan data privasi di Facebook. Fitur baru ini dinamakan Clean History, dimana berkat fitur tersebut para penggunanya bisa menghapus segala macam informasi yang telah dikumpulkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat tersebut melalui aplikasi maupun web.

Facebook Encrypted
Copyright ©Tech

Hal ini telah disampaikan oleh Mark Zuckerberg melalui catatan Facebook yang telah diunggah di halaman resminya, sebagaimana ungkapnya yang dilansir dari laman The Verge yakni “Di browser web pengguna, pengguna memiliki cara sederhana untuk menghapus cookie dan riwayat pencarian. Kami juga akan membuat versi ini untuk Facebook dan ini akan menjadi kontrol sederhana untuk menghapus riwayat penjelajahan pengguna di Facebook, dari apa yang pengguna klik, situs web yang pengguna kunjungi, dan sebagainya,”

Selain itu tidak disebutkan secara terperinci mengenai fitur tersebut, akan tetapi yang jelas untuk Clear History ini nantinya bakal berpengaruh besar terhadap para pengguna untuk mendapatkan iklan yang sesuai dengan minatnya. Hal ini dikarenakan, selama ini pihak pengembang telah menggunakan algoritma yang mempelajari kebiasaan pengguna untuk menentukan konten iklan yang tepat. Kalau datanya dihapus, maka sistem tidak bisa lagi menayangkan iklan yang tepat.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman BuzzFeed News, pihak Facebook memiliki rencana untuk melakukan pengujian tersebut pada musim semi tahun 2019 ini. Meski pengguna tidak dapat iklan yang tepat, bukan jadi masalah bagi developer, karena tujuan dihadirkannya fitur ini yakni mengembalikan kepercayaan para penggunanya.

baca juga: Apple Biarkan Beberapa Aplikasi iOS Berbagi Data dengan Facebook?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.