Smartphone Jadul Sekalipun Bisa Dapat Android Pie, Ini Triknya!

0
3804
LineageOS 16 Home
Copyright ©androidblog

LineageOS 16 Mirip Android Pie

Oketekno – Dukungan pembaruan sistem operasi diusahakan terus bergulir setiap tahun, selayaknya Android yang sudah cukup lama beroperasi. Untuk OS besutan Google ini terus berupaya untuk menciptakan inovasi baru setiap tahunnya.

Di tahun kemarin, telah resmi diluncurkan sistem operasi Android Pie dimana kini sejumlah ponsel juga sudah mendapatkan pembaruan OS tersebut sehingga beragam fitur yang tersaji di dalamnya telah dapat dinikmati. Akan tetapi yang mendapatkan sistem operasi terbaru tersebut tidak semuanya, beberapa ponsel lama tentu tidak dapat menikmati OS ini.

Simak Nih: Redmi Go Resmi Dirilis, Smartphone Android Go Pertama Xiaomi Rp 1 Jutaan

Akan tetapi masalah ini dapat diatasi karena terdapat LineageOS 16 dimana mampu membuat perangkat Smartphone maupun Tablet jadul menjalankan sistem operasi Android Pie. Bahkan untuk ponsel yang sudah bertahun-tahun lamanya sekalipun tetap bisa menikmatinya.

LineageOS 16
Copyright ©YouTube

Telah disebutkan kalau ada sekitar 30 perangkat yang mendapatkan dukungan LineageOS. Beberapa diantaranya yakni seperti Samsung Galaxy S5, OnePlus One, Oppo Find 7, hingga Xiaomi Mi Mix 2S. Beberapa ponsel baru yang dapat menjalankan LineageOS 16 diantaranya yakni seperti Huawei P20 Pro, Xiaomi Pocophone F1 dan juga Galaxy Tab S2.

Ketahui Yuk: Cara Aktifkan Night Mode di Smartphone Android Tanpa Aplikasi

Meski begitu, pihak Lineage telah mengungkap kalau pihaknya kedepan bakal memperluas layanannya sehingga mampu dijalankan oleh lebih banyak Smartphone maupun Tablet. Bukan hanya itu saja, sebagaimana informasi yang dilansir dari laman Engadget, Lineage telah menyebutkan kalau sistem operasi terbarunya mendatang bakal mendukung dark mode sebagaimana yang diperkirakan baru akan hadir di Android Q.

Namun ada salah satu hal yang penting untuk diketahui oleh para pengguna, yakni update sistem operasi ini tidak resmi sehingga untuk masalah keamanan juga cukup diragukan. Disisi lain, untuk memasangnya juga harus melakukan custom ROM dimana pengguna harus benar-benar memahami sistem operasi, kalau sampai salah pasang maka ponsel malah tidak bisa digunakan untuk apa-apa. Jadi, bagi yang ingin menikmati OS Android terbaru bisa coba sistem operasi ini, namun tidak direkomendasikan karena mengancam keselamatan dan keamanan ponsel.

baca juga: Tips Hemat Kuota Ketika Streaming YouTube di Smartphone Android dan iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.