Fakta Karakter Momo Challenge yang Viral di YouTube dan WhatsApp

0
338
Copyright ©Tubefilter

Momo Ternyata Hanya Patung

Oketekno – Mungkin sebagian besar dari kalangan sudah tidak asing lagi dengan namanya Momo Challenge. Ya, kejadian yang sempat viral beberapa waktu lalu di YouTube dan WhatsApp ini membuat resah sebagian besar pengguna kedua platform, sehingga pihak developer berusaha sebaik mungkin memberantas konten tersebut.

Berdasarkan informasi yang beredar luas, anak – anak dihubungi oleh orang asing yang mengaku sebagai Momo melalui WhatsApp, dan ketika dihubungi, mereka dikirimkan gambar dan pesan dimana mendorong pengguna melukai hingga bunuh diri.

Simak Nih: Sistem Operasi Ponsel Murah Ini Adopsi YouTube Sebagai Aplikasi Default

Selain itu, kabar yang dilansir dari BBC menyebut kalau sejumlah sekolah hingga polisi di Inggris telah memperingatkan orang tua untuk mewaspadai kembali terjadinya momo di kemudian hari. Mereka diminta mengawasi anak ketika bermain gadget, terutama layanan sosial seperti YouTube, WhatsApp, Facebook, dan semacamnya.

Patung Momo
Copyright ©Instagram

Akan tetapi setelah ditelusur, ternyata Momo Challenge adalah Hoaks. Pihak Snopes telah menjabarkan kalau awal beredarnya Momo Challenge ini ketika ada anak perempuan 12 tahun meninggal karena gantung diri di Argentina. Memang dipastikan benar gantung diri, namun hal ini bukan karena ulah Momo.

Ketahui Yuk: Cara Membersihkan Riwayat Tontonan di YouTube

Dikarenakan YouTube dan WhatsApp yang sering disalahkan karena maraknya informasi tersebut, maka mereka membantah adanya konten tersebut dan mengimbau pengguna untuk melapor kalau memang menemukan konten yang memuat Momo Challenge.

Disisi lain, ternyata Momo yang memiliki paras mengerikan ini adalah sebuah karya seni bernama Mother Bird. Patung tersebut merupakan buatan seniman asal Jepang bernama Keisuke Aisawa yang dipamerkan di Vanilla Gallery, Tokyo pada 2016 silam. Tidak ada bukti kalau seniman, perusahaan hingga Link Factory terlibat dalam penyebaran kasus Momo Challenge tersebut.

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman Beritagar.id, Menukil The Atlantic, Momo Challenge di Youtube dan WhatsApp ini adalah hoaks, dulu maupun sekarang. Dan untuk hoax ini beredar begitu cepat karena reaksi orang tua yang khawatir dengan konsumsi media terhadap anak. Meski hanya sekedar hoaks, tapi dapat diambil pelajaran betapa pentingnya menjaga anak dari sajian konten Dunia Maya yang beragam.

baca juga: Tips Hemat Kuota Ketika Streaming YouTube di Smartphone Android dan iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.