Benarkah Paket Internet di Indonesia yang Termasuk Murah di Dunia?

0
356
Internet
Copyright ©Dion Barus

Harga Paket Internet 1GB di Indonesia

Oketekno – Penyebaran koneksi internet di Dunia hampir dilakukan secara merata, mereka dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi untuk masalah harga dari paket kuota, tentu tergantung operator telekomunikasi masing-masing yang menyediakan, memang ada penawaran paket internet murah, dan ada pula yang mahal. Lantas, Indonesia tergolong yang mana nih?

Sebagaimana hasil riset yang telah dilakukan oleh Cable, telah menyebutkan kalau Indonesia berada di peringkat 17 sebagai Negara dengan paket internet murah di Dunia. Untuk jumlah Negara yang ikut terlibat dalam riset ini diketahui sebanyak 230 Negara, sehingga posisi segitu sudah cukup baik bagi Tanah Air.

Simak Nih: Deretan Aplikasi “Tuyul” di Android yang Bikin Baterai dan Kuota Internet Kalian Makin Boros

Menurut data laporan Cable, untuk paket internet di Indonesia sebesar 1GB rata – rata berada pada kisaran harga US$ 1.21 atau sekitar Rp 17 ribu saja. Tentu saja, harga ini terbantu dengan adanya kuota termurah di Tanah Air dimana hanya ditawarkan senilai US$ 0.13 atau sekitar Rp 1.800 saja untuk 1GB.

Paket Data
Copyright ©brilio

Kemudian, dari 60 paket data yang ditawarkan di Indonesia, Cable menemukan ada juga operator yang menawarkan kuota internetnya dengan harga mahal, yakni mencapai US$ 4.25 atau sekitar Rp 60 Ribu. Dengan perolehan ini, maka Indonesia selain menduduki posisi ke 17 di Dunia, juga menjadi Negara dengan Paket Internet Murah ke 3 se Asia Tenggara.

Secara keseluruhan di wilayah Asia Tenggara, Indonesia masih kalah dengan Myanmar yang mendapatkan peringkat 9 (Global) & 1 (Asia Tenggara) dan Malaysia yang meraih peringkat 15 (Global) & 2 (Asia Tenggara). Kemudian untuk Negara dengan paket internet termahal di Dunia dipegang oleh Zimbabwe dimana disana kuota internet rata-rata mencapai US$ 75.20 atau sekitar Rp 1 juta, sedangkan paling mahal di Negara tersebut tembus US$ 138.46 atau sekitar Rp 2 juta per 1GB.

Jadi, untuk mendapatkan paket internet murah di Indonesia kalian juga harus bisa bijak dalam memilih operator. Bukan persoalan harga terjangkau saja, melainkan kenyamanan dalam koneksi penting juga untuk diperhatikan.

baca juga: Daftar Urutan Operator dengan Koneksi Internet Terbaik di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.