Sensor Pemindai Iris Dihapus dari Samsung Galaxy S10, Alasannya?

0
523
Samsung Galaxy S10 All Series
Copyright ©Tempo

Alasan Absennya Iris Scanner di Galaxy S10 Series

Oketekno – Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa selama ini deretan Smartphone Premium besutan Samsung telah dilengkapi dengan sensor pemindai mata sebagai salah satu sistem keamanan perangkatnya, mulai dari Galaxy Note 7 hingga Galaxy S9 Plus telah mendapatkan fitur tersebut. Akan tetapi, sensor tersebut sudah tidak nampak lagi di Samsung Galaxy S10.

Padahal kalau dilihat memang sensor pemindai iris mata pengguna ini cukup unik dan berbeda ketimbang perangkat lainnya, namun perusahaan asal Korea Selatan ini tetap memutuskan untuk menghapus fitur tersebut di Galaxy S10. Kira-kira alasannya apa ya, kok salah satu fitur khas ponsel Premium Samsung ini dihapus?

Simak Nih: Terbaik di Dunia! Layar Galaxy S10 Raih Skor Luar Biasa

Denny Galant selaku menjabat sebagai Head of IM Product Marketing Samsung Electronics Indonesia telah mengungkap kalau absennya fitur pemindai iris ini yakni bertujuan untuk memaksimalkan tampilan layar agar bagian atasnya terlihat lebih tipis, bebas dari Notch maupun bezel sebagaimana perangkat sebelumnya.

Iris scanner
Copyright ©Technobezz

Denny juga telah mengungkap kalau sensor pemindai iris mata pengguna ini membutuhkan ruang lebih besar. Dan perusahaan ingin memberikan perubahan yang berarti pada Samsung Galaxy S10 dari segi tampilan dan juga performanya, agar dapat bersaing dengan berbagai ponsel lainnya yang telah bertebaran di pasar.

“Karena kami ingin optimalkan layar Infinity-O. Semua ditarik ke atas. Pemindai iris itu ada sensornya dua di bagian atas, supaya layarnya jadi full maka kami cabut,” seperti itulah yang diungkap oleh Denny pada saat peluncuran Samsung Galaxy S10 di Jakarta Selatan kemarin lalu.

Akan tetapi pihak Samsung telah memberikan penggantinya yang diklaim lebih mudah diakses dan aman dari pembajakan, sensor yang dimaksud yakni fingerprint bawah layar Ultrasonic. Sistem keamanan ini masih belum ada di ponsel manapun, alias perdana hadir di Samsung Galaxy S10 Series. Sensor tersebut melakukan pemindaian sidik jari pengguna secara 3D, sehingga dijamin lebih aman ketimbang sensor biasa yang hanya melakukan pemindaian secara 2D saja.

baca juga: Trio Galaxy S10 Resmi Dijual di Indonesia, Harga Mulai Rp 10 Jutaan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.