Bug Baru Facebook Messenger, Bisa Bocorkan Privasi Obrolan Penggunanya

0
1304
Facebook Bug
Copyright ©Gananci

Facebook Messenger Web Bermasalah

Oketekno – Berbagai macam upaya memang sudah dilakukan oleh pihak Facebook untuk memperbaiki sistem keamanannya agar terhindar dari namanya peretasan dan kebocoran data kepada pihak ketiga. Akan tetapi, masih tetap saja ada beberapa macam permasalahan yang kini tengah dihadapinya. Salah satu diantaranya yakni seperti kebocoran keamanan Messenger berikut.

Imperva yang merupakan perusahaan keamanan siber belum lama ini telah mengungkap kelemahan Facebook Messenger yang memungkinkan peretas dapat mengetahui kepada siapa kalian menjalin komunikasi melalui aplikasi tersebut.

Simak Nih: Facebook Hadirkan Fitur Baru Untuk Abadikan Seseorang

Namun untuk bug tersebut tidak menunjukkan isi pesan yang dikirim maupun diterima oleh pengguna, hanya saja mampu mengetahui dengan siapa mereka berkirim pesan melalui aplikasi Messenger ini. Meski hanya demikian, tentu ini tetap saja melanggar hak privasi para pengguna.

Pesan Facebook Messenger
Copyright ©exaget

Seorang peneliti keamanan yang menemukan bug pada Facebook Messenger bernama Ron Masas ini telah mengungkap “Itu bisa dikirim ke target berprofil tinggi untuk mengetahui dengan siapa mereka berbincang… Jika Anda mengirim pesan ke bot untuk memesan pizza, saya akan mengetahuinya.”

Ketahui Yuk: Cara Aktifkan Dark Mode di Facebook Messenger dengan Emoji

Tidak lama setelah masalah tersebut beredar luas, pihak Facebook telah menanggapi kalau Bug ini memang sudah terjadi dan telah diperbaiki sejak bulan Desember 2018 kemarin. Untuk kejadian saat ini, ditemukan bug di Messenger Web, bukan aplikasinya.

“Masalah dalam laporan itu berasal dari cara browser web menangani konten yang tertanam di halaman web dan tidak secara khusus ke Facebook. Kami telah membuat rekomendasi kepada pembuat browser dan grup standar web yang relevan untuk mendorong mereka melakukan upaya pencegahan sejenis ini, (agar tidak) terjadi di aplikasi web lain. Kami telah memperbarui versi web Messenger untuk memastikan perilaku browser ini bukan dipicu layanan kami.” Seperti itulah tanggapan dari juru bicara Facebook.

Kemudian, disebutkan pula kalau bug yang terjadi di Facebook Messenger ini tetap tidak bisa diselesaikan meski sudah di enkripsi sekalipun pesannya. Jadi saran terbaik untuk masalah tersebut adalah dengan mengeluarkan akun dari semua web browser, dan hanya mengaktifkannya di aplikasi messenger saja.

baca juga: Bos Facebook Umumkan Penyatuan FB, W.A, dan IG Segera Dilakukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.