YouTube Siapkan Fitur Pendeteksi Berita Palsu, Seperti Apa?

0
1284
YouTube Crew
Copyright ©YouTube

Fitur Pendeteksi Hoax di YouTube Mulai Diuji

Oketekno – Layanan media sosial saat ini memang tengah menjadi yang paling populer dan berpengaruh terhadap penyebaran berita, bukan hanya soal video kebenaran saja melainkan hoax pun dengan mudahnya tersebar luas di layanan tersebut. Selain Facebook, WhatsApp dan Twitter, YouTube juga menjadi salah satu layanan dengan penyebaran hoax terparah.

Atas berbagai masalah yang ditimbulkannya itu, banyak kalangan melayangkan tuntutannya agar pihak YouTube mampu memberikan sistem untuk membedakan mana berita benar dan yang salah. Dan tidak lama setelahnya, layanan yang bergerak dibawah naungan Google ini juga tengah mempersiapkan fitur baru dimana memungkinkan sekali untuk melakukan hal tersebut.

Simak Nih: Streaming Video Makin Asyik & Banyak Fitur dengan YouTube Vanced

Dari informasi yang dilansir dari laman Android Authority, platform streaming media terpopuler di Dunia ini telah menghadirkan sebuah update terbaru dimana dalam pembaruannya kali ini telah dihadirkan sistem notifikasi yang mana akan memberitahukan penggunanya ketika mencari berita palsu. Notifikasi tersebut nantinya bakal muncul di bawah kolom pencarian.

Fact Virus on YouTube
Copyright ©Android Authority

Contohnya yakni seperti, ketika kalian ingin mengetahui apakah obat tersebut mengandung virus berbahaya atau tidak. Maka dalam hasil pencarian nantinya akan muncul sebuah panel yang memuat informasi tentang kata kunci yang dicari tersebut. Disebutkan kalau obat itu memang mengandung virus berbahaya dan disertai tentang fakta penelitiannya oleh pihak tertentu.

Bukan hanya itu saja, telah ditampilkan pula beberapa rekomendasi video dari sumber terpercaya mengenai kata kunci keraguan yang kalian masukkan tadi, setelah melihat beragam video tersebut tentu bisa menarik kesimpulan sendiri dan memutuskan apakah perlu melanjutkan untuk mengkonsumsinya atau tidak.

Untuk saat ini, fitur tersebut telah dilakukan uji coba terhadap beberapa penggunanya di India. Sedangkan kehadirannya secara global masih belum ditemukan, sehingga untuk mendapatkannya kita perlu menunggu beberapa lama lagi. Masih belum diketahui jadwal pastinya, namun yang jelas fitur baru YouTube ini segera dapat dinikmati oleh seluruh penggunanya di Dunia. Nantikan saja.

baca juga: Cara Unduh Video YouTube di iPhone Tanpa Aplikasi Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.