Apple Kesusahan Rilis iPhone 5G, Kenapa?

0
991
Apple iPhone
Copyright©TheVerge

4 Opsi Apple Untuk Hadirkan iPhone 5G

Oketekno – Beberapa bulan yang lalu jaringan baru dengan kecepatan akses internet jauh lebih tinggi bernama 5G telah resmi dikomersialkan, dengan begitu sejumlah vendor di tahun 2019 ini berlomba-lomba untuk mulai menghadirkan Smartphone yang memiliki dukungan jaringan 5G. Diketahui, deretan brand terdepan seperti Samsung, Xiaomi, hingga Huawei sekarang sudah memiliki ponsel yang didukung jaringan terbaru tersebut.

Akan tetapi sayang, nasib yang berbeda menghampiri Apple dimana pihaknya dikabarkan kalau masih belum begitu siap untuk mengaplikasikan jaringan 5G terhadap Smartphone iPhone miliknya di tahun 2019 ini. Hingga sekarang, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut masih dihadapkan dengan dilema yang besar, lantaran perseteruannya dengan Qualcomm. Padahal, perusahaan ini menjadi salah satu yang sudah mampu supply modem & chip 5G melalui Snapdragon 855.

Simak Nih: Samsung Galaxy S10 Plus Laris Manis di Kandang Apple

Pihak Apple diketahui urung bekerjasama dengan Qualcomm hingga tahun 2020 mendatang ini disebabkan oleh harga yang ditawarkan disebut 5x lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga pengajuan dari perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook tersebut.

iPhone 5G
Copyright©Cult of Mac

Bukan hanya itu saja, Apple dikabarkan kalau tengah menghadapi situasi yang sulit untuk memperoleh komponen 5G untuk Smartphone iPhone buatannya. Berdasarkan data dari riset Cowen, perusahaan asal Cupertino ini memiliki 4 opsi, namun semuanya tidak ideal.

Ketahui Yuk: Bos Apple Sadar Akan Harga iPhone yang Terlampau Mahal, Rencana Menurunkannya?

Pertama, bekerjasama dengan Intel dalam urusan chip 5G, akan tetapi produsen chip ternama itu memerlukan 18 bulan untuk mewujudkannya. Sedangkan modem yang digunakan tanpa kemampuan mmWave, padahal dalam jaringan 5G ini gelombang pendek mmWave sangat diperlukan.

Kemudian untuk opsi yang kedua yakni memesan suku cadang dari pesaing beratnya, Samsung. Akan tetapi kalau berurusan dengan vendor tersebut, bakal ada masalah terkait syarat komersial yang harus terpenuhi. Dan opsi ketiga yakni balikan dengan Qualcomm, tapi sepertinya mustahil karena keduanya saling berseteru hingga menempuh jalur hukum.

Dan pilihan terakhir yakni Apple bakal mengembangkan modem 5G sendiri dan mengaplikasikannya ke chip A Series. Namun untuk menyelesaikannya dalam waktu singkat, butuh pendaaan besar dan dirasa kurang efisien dalam hal berbisnis.

baca juga: Samsung Promosikan Layar Lipatnya ke Apple dan Google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.