Sensor Pemindai Sidik Jari Samsung Galaxy S10 Aman dan Akurat, Ini Buktinya!

0
318
Fingerprint Test di Samsung Galaxy S10
Copyright ©Youtube

Sidik Jari Palsu Mencoba Kelabui Samsung Galaxy S10, Ini Hasilnya!

OKETEKNO.COM – Raksasa teknologi Samsung memang diketahui telah resmi meluncurkan flagship terbarunya yakni Galaxy S10 series dalam beberapa model. Bahkan tiga model flagship tersebut yakni Galaxy S10, Galaxy S10 Plus dan Galaxy S10e telah resmi dipasarkan di Indonesia dengan banderolan harga menembus Rp 10 jutaan keatas. Dengan label harga tinggi, memang Samsung Galaxy S10 dibekali sejumlah fitur canggih dan inovasi terbaru yang akan memberikan pengalaman lebih menyenangkan untuk pengguna.

Salah satu fitur yang dibanggakan dalam model Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus adalah sensor pemindai sidik jari di layar berteknologi ultrasonik yang diklaim lebih aman dan akurat. Fingerprint di layar dengan teknologi ultrasonik bahkan diklaim lebih baik dibandingkan sensor sidik jari di layar dengan teknologi optik seperti yang ada di kebanyakan smartphone yang telah beredar. Lantas seaman dan seakurat apa fingperprint in display ultrasonik milik Galaxy S10 ini?

Baca Juga Samsung Galaxy S10 Plus Laris Manis di Kandang Apple

Perangkat android Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus ini memang disebut-sebut cukup mumpuni untuk memindai sidik jari penggunanya. Namun apa jadinya jika sensor pemindai sidik dilayar tersebut mencoba untuk dikelabui atau dihack menggunakan sidik jari palsu? Benarkah perangkat Samsung ini terbukti akurat dan aman?

Seorang Youtuber yakni Max Tech bahkan telah melakukan pengujian dengan mencoba mengelabui sensor sidik jari menggunakan sidik jari palsu. Pengujian kemampuan sensor fingerprint ini bukan hanya dilakukan pada Samsung Galaxy S10 namun juga flagship lainnya yakni OnePlus 6T hingga perangkat iPhone.

Fingerprint Test Samsung Galaxy S10
Copyright ©Youtube

Pengujian yang dilakukan Youtuber tersebut dilakukan dengan menggunakan sidik jari palsu yakni mencetak sidik jari dengan menggunakan lem. Selanjutnya sidik jari palsu yang tercetak dari lem tersebut ditempelkan pada jari untuk mencoba mengelabui sidik jari di layar dalam Samsung Galaxy S10, lantas apa hasilnya?

Pengujian yang pertama dilakukan pada sensor pemindai sidik jari pada flagship OnePlus 6T. Smartphone ini diketahui dibekali sensor fingerprint di layar namun belum menggunakan dukungan teknologi ultrasonik seperti pada Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus.

Dengan menggunakan sidik jari palsu yang tercetak dari lem, smartphone ini mulanya tidak dapat mengenali sidik jari palsu itu. Namun setelah beberapa kali dicoba nyatanya fingerprint di layar OnePlus 6T dapat dikelabui dan di hack dengan sidik jari palsu. Lantas bagaimana dengan sensor sidik jari di Samsung Galaxy S10?

Baca Juga Samsung Galaxy S10 Edisi Juventus Resmi Diluncurkan, Dibanderol Segini!

Pengujian selanjutnya dilakukan pada Samsung Galaxy S10 dengan menggunakan sidik jari yang tercetak dari lem. Setelah beberapa kali dicoba untuk membuka layar perangkat dengan sidik jari palsu, sensor fingerprint ultrasonik di layar flagship ini tetap tidak dapat dibuka. Hal itu membuat Max Tech  memberikan penilaian bahwa sensor sidik jari di layar Galaxy S10 dan Galaxy S10+ sangat akurat dan aman.

Bukan hanya melakukan pengujian pada sidik jari di layar dalam perangkat OnePlus 6T dan Samsung Galaxy S10, Max Tech juga melakukan pengujian padaflagship Apple. Nyatanya sidik jari palsu menggunakan lem dapat mengelabui Touch ID di iPhone Xs Max. Dengan demikian kesimpulannya adalah, sensor fingerprint di layar Galaxy S10 terbukti lebih aman, akurat dan tidak mudah dikelabui.

Baca Juga Dugaan Desain Samsung Galaxy Note 10 Beredar, Miliki 4 Kamera Belakang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.