Deretan Fitur Baru yang Bakal Hadir di Android Q

0
687
Android Q
Copyright ©androidcentral

Android Q Beta Pertama Mulai Dirilis

Oketekno.com – Seperti biasanya, para developer perlu untuk melakukan uji coba terlebih dahulu terhadap software buatannya sebelum pada akhirnya dirilis untuk publik. Dan belum lama ini pihak Google juga telah menghadirkan versi Preview dari Android Q yang mana bisa didapatkan oleh para developer. Dari sini, kita sudah dapat mengetahui deretan fitur terbaru dimana nantinya bakal hadir di OS tersebut.

Akan tetapi fitur terbaru yang terungkap dalam versi ini masih belum sepenuhnya, ada beberapa inti fitur yang masih disembunyikan dan bakal diungkap ketika sudah diluncurkan nantinya. Untuk versi Preview ini sendiri hanya ditujukan agar para developer bisa menyesuaikan aplikasi buatannya untuk berjalan mulus di Android Q.

Simak Nih: Pembaruan Android Pie Samsung Galaxy A8 Plus Mulai Digulirkan!

Dan ternyata beberapa fitur yang telah dirumorkan sebelumnya, benar akan dihadirkan pada sistem operasi terbaru buatan Google tersbut, yakni mengenai dukungannya terhadap Smartphone Layar Lipat. Selain itu, berdasarkan informasi yang dilansir dari laman The Verge, OS ini nantinya juga dilengkapi dengan fitur kontrol privasi yang lebih baik lagi.

Android Q First Beta
Copyright ©detikINET

Untuk maksud dari pengendalian privasi ini ialah, pengguna dimungkinkan untuk membatasi aplikasi mengakses lokasi pengguna ketika aplikasi tersebut dibuka saja. Tidak hanya itu saja, akses data lainnya seperti foto, video, maupun file lainnya juga akan lebih dibatasi sehingga perangkat pengguna bisa lebih aman dari pengintipan pihak ketiga.

Ketahui Yuk: Uji Coba Pembaruan, Facebook Android Jadi Polos Serba Putih

Selain itu, Android Q nantinya juga akan menampilkan perpindahan yang lebih halus ketika mengubah mode layar, termasuk diantaranya yakni seperti mengecilkan ukuran window aplikasi dalam mode split screen. Kemudian fitur lain yang bermanfaat bagi penggunanya yakni Setting Panel API.

Melalui fitur tersebut, para developer dimungkinkan untuk menambah akses instant mengarah ke pengaturan ponsel yang dibutuhkan oleh aplikasi, misalnya saja seperti WiFi, NFC maupun Bluetooth tanpa harus membuka menu pengaturan lagi.

Sistem operasi Android Q beta pertama ini sekarang sudah tersedia untuk perangkat Google Pixel 1, 2 dan 3, varian reguler maupun XL. Sebenarnya untuk generasi pertama sudah tidak kebagian, akan tetapi banyak pengguna yang tetap meminta untuk update OS ke versi yang lebih anyar.

baca juga: Samsung Galaxy S10 Plus Menjadi Raja Smartphone Android Terkencang AnTuTu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.