Hati – Hati, Aplikasi Beriklan Semakin Mengancam Pengguna Android

0
356
Adware
Copyright ©maketecheasier

Waspada Terhadap Adware

Oketekno.com – Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi yang tersedia di layanan Google Play Store itu banyak sekali, bahkan jauh lebih banyak ketimbang aplikasi di iTunes. Dengan begitu, wajar saja kalau layanan tersebut sering kali disusupi iklan lantaran lebih populer dan sifat aplikasi di Play Store sendiri kebanyakan terbuka.

Setelah beberapa pekan lalu disebutkan kalau puluhan aplikasi android populer disusupi malware sepenuhnya, kali ini kembali muncul dimana virus muncul melalui iklan, sehingga pihak pengembang sendiri bisa jadi tidak mengetahui hal tersebut. Virus iklan atau biasa dikenal dengan adware ini dapat menampilkan promosi di perangkat tanpa sepengetahuan penggunanya.

Simak Nih: Alat dan Aplikasi Sederhana Untuk Membuat Video YouTube Keren

Dari laporan tim Peneliti CheckPoint disebutkan kalau ada 200 aplikasi android yang telah terinfeksi dengan adware ini. Perlu diketahui bahwa, dengan adanya konten iklan yang tiba-tiba muncul ini tentu sangat mengganggu pengguna, pasalnya ketika kita tengah mengoperasikan sesuatu, tiba-tiba muncul iklan 1 layar penuh, dan terkadang tidak dapat tombol silangnya sehingga terpaksa kita harus mengklik iklan agar si pembuat mendapatkan penghasilan.

Falsu
Copyright ©Tom’s Guide

Telah disebutkan juga kalau jenis aplikasi android yang sering kali menjadi sasaran adware adalah deretan game jenis simulator, mulai dari kehidupan nyata, menjadi supir truk, bus, rally, dan lain sebagainya. Bukan hanya game abal-abal saja, beberapa diantaranya ada yang telah mendapatkan 5 – 10 juta unduhan, yakni seperti Snow Heavy Excavator Simulator, Hoverboard Racing, Ambulance Rescue Driving dan semacamnya.

Akan tetapi sekarang aplikasi tersebut telah dihapus oleh Google dari layanan Play Store miliknya. Mungkin bagi kalian yang masih memiliki aplikasi tersebut, atau mungkin aplikasi lain dimana sering menampilkan iklan tidak wajar, segera uninstall saja.

Biasanya kalian tidak mengetahui iklan darimanakah itu, sebab di home sekalipun tiba-tiba iklan muncul. Nah, ketika kalian menghadapi masalah seperti itu, saat iklan muncul sebaiknya kalian klik tombol multi-task saja untuk menampilkan seluruh aplikasi yang berjalan. Dengan begitu, aplikasi yang menayangkan iklan tersebut bisa terdeteksi, dan kalian tau aplikasi mana yang sebaiknya dihapus.

baca juga: Waspada! Pengguna Aplikasi WhatsApp Tidak Resmi Bisa Kena Blokir Loh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.