Proses Integrasi Disebut Penyebab Tumbangnya Facebook, Instagram dan WhatsApp

0
529
FB WA IG
Copyright ©YouTube

Benarkah Integrasi Facebook, Instagram dan WhatsApp Sebabkan Down?

Oketekno.com – Kemarin menjadi hari yang buruk bagi para penggila sosial media, pasalnya mereka sementara tidak dapat melakukan aktivitas sebagaimana mestinya di Facebook, Instagram maupun WhatsApp. Untuk penyebab masalah dari tumbangnya sang raksasa sosial media ini tentu menjadi penasaran banyak orang, bahkan ada dugaan kalau adanya serangan DDoS pada servernya.

Perlu diketahui bahwa serangan DDoS sangat kecil kemungkinannya untuk menyerang server Facebook, sebab untuk menumbangkan server super besar milik perusahaan asal Amerika Serikat ini tidak gampang, dan yang pasti sebelum serangan DDoS dilancarkan saja, sistem keamanannya telah mendeteksi sehingga berhasil dicegah. Disisi lain, pihak perusahaan juga memastikan kalau masalah ini tidak berhubungan dengan DDoS.

Simak Nih: Imbas Facebook dan Instagram Down Sampai ke WhatsApp

Berdasarkan pendapat Alfons Tanujaya selaku peneliti keamanan dari Vaksincom, disebutkan kalau masalah ini disebabkan oleh 2 kemungkinan. Sebagai pihak luar yang tidak memiliki akses ke server Facebook, dirinya berusaha menebak dengan kemungkinan logis terbaik baginya.

Facebook Down
Copyright ©The India Times Post

Untuk kemungkinan pertama masalah ini terjadi karena serangan eksploitasi dimana menyerang 0 day vulnerability atau celah keamanan baru dimana belum pernah diumumkan maupun ditemukan pencegahnya. “Biasanya sekali ditemukan celah keamanan pada satu softare, maka semua komputer yang menggunakan software tersebut akan bisa dieksploitasi. Kemungkinan sistem yang diserang ini digunakan baik oleh Google maupun Facebook,” ungkapnya.

Semua software pasti memiliki celah keamanan dan setiap kali ditemukan, pengembang akan menambalnya secepat mungkin agar tidak bisa diserang. Akan tetapi untuk menambalnya ini membutuhkan waktu coding yang memakan waktu hari hingga bulanan. Dan mereka selalu beradu cepat dengan para peretas agar tidak terjadi masalah yang makin serius.

Dan dugaan yang kedua yakni berkaitan dengan proses integrasi Facebook, Instagram dan juga WhatsApp sebagaimana diungkap Mark Zuckerberg beberapa waktu lalu. Meski sudah memiliki tim ahli, perusahaan raksasa seperti ini tetap saja bisa melakukan kesalahan. Untuk menangani dan merger data 2 miliar pengguna bukan perkara yang mudah, sebab setiap detik data pengguna memang selalu berubah-ubah sehingga kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal.

baca juga: Apa Sih Penyebab Facebook dan Instagram Down Sejak Tadi Malam?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.