Pengakuan Facebook Soal Password Pengguna yang Tidak Disembunyikan

0
304
Facebook Pass
Copyright ©cyclonis

Facebook Tidak Enkripsi Password Penggunanya?

Oketekno – Sudah menjadi kebiasaan platform sosial media seperti Facebook untuk melindungi privasi setiap penggunanya, terlebih untuk masalah menyembunyikan password yang harus dilakukan sebaik mungkin agar tidak ada pihak ketiga yang dapat meretas akun tertentu untuk dikendalikan secara penuh.

Akan tetapi belum lama ini ada sebuah pengakuan yang cukup mengejutkan dari sang raksasa sosial media tersebut dimana pihaknya mengakui kalau ada jutaan kata sandi tersimpan dalam teks biasa, alias tidak di enkripsi alias disamarkan di server internalnya. Tentu ini dapat menjadi celah keamanan yang sangat terbuka, terlebih para karyawan juga bisa dengan jelas melihatnya.

Simak Nih: Fitur Baru Messenger Ini Membuatnya Makin Mirip dengan WhatsApp

Dan ketika dimintai keterangan, pihak internal khususnya bidang keamanan dari raksasa sosial media asal Amerika Serikat ini tidak mengelak sedikit pun, namun memberikan kejelasan yang cukup terperinci agar penggunanya tidak perlu khawatir akan kesalahan dalam pengoperasian akun miliknya.

Facebook Pass no Encrypt
Copyright ©youtube

“Agar lebih jelas, kata sandi ini tidak pernah terlihat oleh siapa pun di luar Facebook dan kami belum menemukan bukti sampai saat ini bahwa ada orang yang secara internal menyalahgunakan atau mengaksesnya dengan tidak benar,” begitulah ungkap Pedro Canahuati selaku menjabat sebagai Wakil Presiden bidang Teknik, Keamanan, dan Privasi dalam postingan Blog sebagaimana kami lansir dari laman CNN Indonesia.

Perlu diketahui bahwa untuk kesalahan dapat terungkap selama peninjauan keamanan rutin awal tahun ini. Ia mengungkap kalau perusahaan Silicon Valley diharapkan dapat memberikan informasi terhadap ratusan juta pengguna Facebook Lite, puluhan juta pengguna FB lainnya, dan puluhan ribu pengguna iNstagram dimana kata sandinya yang rentan untuk diketahui.

Berdasarkan laporan dari KrebsOnSecurity.com yang mengambil informasi dari sumber Facebook tanpa disebutkan nama akunnya, telah mengungkap kalau dirinya melakukan penyelidikan internal dan menemukan sebanyak 600 juta pengguna memiliki kata sandi akun yang disimpan dalam file teks biasa dimana file tersebut juga bisa dicari oleh 20.000 karyawan. Namun, Canahuati menyebut kalau pihaknya akan memberikan perlindungan terbaik terhadap privasi para penggunanya.

baca juga: Sering Berikan Misinformasi, Lagi-lagi Pencipta WhatsApp Ini Serukan Hapus Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.