Fitur Baru Firefox, Bikin Browsing Semakin Nyaman

0
648
Firefox
Copyright ©Merdeka

Firefox Berikan Tambahan Kenyamanan Terhadap Penggunanya

Oketekno – Mungkin kalian sudah pada mengetahui kalau beberapa situs telah memberikan tayangan video terputar otomatis. Dan tentu saja karena hal tersebut, perangkat pengguna menjadi lebih berat karena harus memuat video dan menayangkannya secara langsung tanpa pemirsi penggunanya terlebih dahulu.

Bukan hanya itu saja, jumlah kuota yang dikonsumsi untuk membuka website juga lebih besar, karena banyak konten yang harus dimuat. Belum lagi kalau suara keras yang muncul dalam video tersebut, juga pastinya akan mengganggu kenyamanan pengguna untuk beraktifitas. Namun, permasalahan seperti ini telah diatasi melalui aplikasi peramban Firefox versi 66.

Simak Nih: Cara Agar Video YouTube Tetap Berjalan Meski Layar Mati dengan Chrome & Firefox

Melalui aplikasi browser terbaru Firefox ini, nantinya pengguna tidak akan mendapati video yang terputar secara otomatis di situs apapun. Akan tetapi, fitur ini baru aktif ketika pengguna mengaktifkannya dengan cara klik ikon (i) yang ada di sebelah kiri kotak alamat URL.

Fitur Baru Firefox
Copyright ©The Verge

Pada menu ini pengguna dapat mengatur pengecualian situs di kolom “Permissions” supaya fitur autoplay ini nantinya tetap berjalan. Untuk pengecualian ini dapat diatur dengan cara klik “Allow”, sehingga nantinya pengguna akan tetap bisa mendapati video terputar otomatis di situs tertentu. Akan tetapi sayang, untuk fitur ini hanya sebatas membungkam suara saja, sedangkan untuk video tetap akan terputar otomatis nantinya.

Untuk pemutaran video secara otomatis setelah pengguna selesai melihatnya, seperti nonton episode di Netflix misalnya, maka hal itu tetap bisa berlanjut ke video berikutnya tanpa harus mempertanyakan terhadap penggunanya terlebih dahulu. Untuk memainkan video yang telah dimatikan oleh firefox auto-play-nya, maka bisa klik tombol play pada pemutar video di situs tertentu.

Tidak hanya fitur pemblokir autoplay saja yang dihadirkan dalam versi baru 66 Firefox ini, melainkan juga terdapat fitur yang memungkinkan pengguna mencegah konten halaman hilang ketika iklan tengah dimuat. Untuk fitur ini sendiri akan bermanfaat ketika pengguna mengunjungi situs yang dipenuhi dengan iklan terlebih dahulu sebelum melihat isi web.

baca juga: Jaga Privasi Pengguna! Fitur Firefox Ini Bisa Sembunyikan Situs Dewasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.