Inikah Penyebab iPhone Sulit Dijual Murah?

0
1193
Smartphone iPhone
Copyright ©The Financial Express

Alasan Apple Sulit Jual Perangkat Murah 

Oketekno – Sebagaimana yang kita ketahui bahwa beberapa tahun terakhir ini penjualan iPhone telah mengalami penurunan, daya beli masyarakat terhadap perangkat terbarunya masih kurang memuaskan. Dan salah satu cara yang dianggap paling efektif oleh Apple yakni menurunkan harganya juga tidak cukup berhasil untuk mengangkat penjualannya.

Akan tetapi untuk jumlah penurunan harga yang ditawarkan oleh Apple ini tidak terlalu besar layaknya vendor lain dengan ekstrimnya memangkas haga ponsel buatannya bahkan hingga Rp 5 juta. Bukan perkara yang mudah bagi perusahaan asal Cupertino ini untuk menerapkan strategi penurunan harga tersebut.

Simak Nih: AirPods Generasi Kedua Resmi Meluncur, Ini Label Harganya!

Selain dikarenakan gengsi, Apple sendiri juga memiliki beberapa permasalahan lain yang perlu dipertimbangkannya secara matang agar tidak dapat merusak attribut/ kepercayaan masyarakat yang telah dibangunnya selama ini.

Apple iPhone
Copyright©TheVerge

“Dengan pasar smartphone dan tablet mengalami stagnasi dan tidak ada produk kategori baru yang panas seperti mobil atau kacamata Augmented Reality dalam jangka pendek, Apple perlu tetap meningkatkan profit demi investor dengan menaikkan harga jual rata-rata,” seperti itulah yang diungkap oleh Sascha Segan, kolumnis teknologi dari PCMag.

Ketahui Yuk: Apple Kesusahan Rilis iPhone 5G, Kenapa?

Dalam keterangan lanjutannya, Sascha juga mengungkap kalau iPhone yang awalnya dibanderol senilai US$ 499, kini sudah menjadi US$ 1.099 dalam beberapa tahun. Bukan hanya di perangkat Smartphone saja, melainkan kejadian seperti ini juga bisa dilihat dari kenaikan harga pada Mac dan juga iPad.

Akan tetapi ada pula perangkat iPad yang dibanderol dengan harga US$ 239, dimana perangkat ini memang ditujukan untuk melawan Chromebook dalam dunia pendidikan. Meski begitu, disisi lain Apple juga menawarkan iPad Pro dengan banderolan harga cukup mahal.

Dengan adanya fenomena seperti ini, cukup sulit bagi Apple untuk meluncurkan kembali sederet perangkat murahnya, seperti iPhone SE 2 atau iPod Touch. Padahal, kalau dilihat sejarahnya perangkat seperti ini cukup laris di pasaran karena memang form factor yang kompak pula.

baca juga: Harga iPad Air (2019) dan Spesifikasi, Tablet 10.5 Inchi Apple A12 Tangguh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.