Tidak Hanya Facebook, Berikut 4 Aplikasi Terpopuler yang Diblokir di China

0
720
Facebook Lite Girl
Copyright ©Daily Express

Daftar Aplikasi Terpopuler yang Dilarang di China

Oketekno – Meski sebagai Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Dunia, akan tetapi China memiliki peraturan yang begitu ketat sehingga membuatnya menjadi salah satu Negara paling maju di Dunia. Bahkan, beberapa layanan terpopuler di Dunia sekalipun tidak segan-segan untuk diblokir di Negara ini.

Bukan cuman karena alasan keamanan saja, melainkan China seakan ingin mandiri tanpa bantuan Negara lain dalam produksi pangan maupun teknologi. Kalau soal pemblokiran Facebook di China sepertinya sudah cukup banyak yang mendengar, akan tetapi apakah kalian juga tau kalau keempat layanan ini juga diblokir?

Simak Nih: Cara Pintar Melindungi Konten Negatif di YouTube Kids dari Anak

Meski bermanfaat dan banyak dipakai oleh masyarakat Dunia, keempat layanan ini ternyata tetap dilarang keras di China. Penasaran apa saja? Yuk, langsung simak daftar lengkapnya berikut ini.

4 Aplikasi Terpopuler yang Tidak Ada di China

  1. WhatsApp
Chat WhatsApp
Copyright ©mennow

Masih belum lama, Pihak pemerintah China telah melakukan pemblokiran terhadap layanan pesan instant tersebut sejak bulan September 2017 kemarin. Untuk pemberhentian pengoperasiannya ini tidak dilakukan secara langsung, melainkan secara bertahap. Awalnya, hanya pengiriman foto dan video saja yang diblokir, hingga pada akhirnya penduduk setempat tidak bisa memakainya lagi sepenuhnya.

  1. Instagram
Aplikasi Instagram
Copyright ©Merdeka

Untuk layanan berikutnya yang mengalami pemblokiran di Negara maju ini adalah Instagram. Sosial media ini mulai diblokir setelah mendapatkan protes dari kelompok pro-demokrasi yang ada di Hongkong pada tahun 2014 silam. Hal yang memicu demonstrasi itu adalah adanya tanda tagar gerakan protes #OccupyCentral.

Ketahui Yuk: Cara Mengubah Tampilan WhatsApp Agar Mirip Instagram

  1. Twitter
Facebook Twitter
Copyright ©betanews

Bukan cuman layanan milik Facebook yang terblokir, melainkan Twitter juga kena hadang oleh pemerintah China. Pemblokiran ini berkaitan dengan peristiwa Arap Spring dan Revolusi Hijau Iran pada tahun 2009 silam.

  1. Google
Google Pencarian
Copyright©Firstpost

Selain sosial media dan pesan instant, China bahkan tak tanggung-tanggung memblokir raksasa internet, yakni Google. Pemerintah setempat tidak dapat mengakses pencarian dari Google, maupun menikmati layanannya seperti Gmail, Gdrive, dan semacamnya.

Lantas, bagaimana rakyat China kalau ingin mencari informasi dan berkomunikasi dengan orang lain? Mereka bisa menggunakan layanan pencarian Baidu yang direkomendasikan penuh di China, karena memang produk lokal. Kemudian untuk sosial media dan komunikasi, ada Weibo dan WeChat. Deretan aplikasi tersebut kini sukses, bahkan Facebook sampai iri dengan WeChat karena masalah keuntungan yang didapat.

baca juga: Cara Agar Selalu Terlihat Offline di Facebook Messenger

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.