Cara Menambahkan atau Mengubah Thumbnail di YouTube

0
844
YouTube Iklan
Copyright ©Kaskus

Trik Tambah atau Ubah Thumbnail YouTube

Oketekno – Ketika kalian mengunjungi platform streaming media terpopuler di Dunia, yakni YouTube tentu di awal kalian akan mendapati sederet gambar di setiap video. Nah, untuk gambar inilah yang dinamakan Thumbnail, dan ini perannya penting banget.

Sebagian besar pengguna YouTube akan melihat gambarnya saja sekilas, dan kalau memang gambar mukanya ini menarik maka besar kemungkinan mereka untuk klik dan menikmati video kalian. Disisi lain, tidak sedikit pula orang yang clickbait dalam menampilkan gambar thumbnail-nya ini, atau dengan kata lain gambar mukanya terlalu berlebihan, kurang sesuai dengan konten yang termuat di dalamnya.

Simak Nih: Cara Unduh Video di Aplikasi YouTube Hemat Kuota Untuk Pemula

Mungkin clickbait sih tidak begitu masalah sih, tapi ya jangan keseringan, sebab bisa merugikan para viewers. Nah, bagi kalian para YouTuber pemula perlu mengetahui cara menambahkan atau mengubah Thumbnail di YouTube berikut, agar beberapa video yang terunggah sebelumnya bisa tersaji dalam tampilan yang makin menarik.

Thumbnail YouTube
Copyright ©Oketekno

Cara Tambahkan atau Ubah Thumbnail YouTube

Sebelum menuju ke langkah-langkahnya, kalian perlu persiapkan thumbnail yang akan digunakan terlebih dahulu guys. Dan Google sebagai developer menyarankan untuk mengatur gambar dengan ketentuan seperti berikut: 

  • Resolusi gambar sebesar 1280 x 720 piksel dengan lebar minimum 640 piksel
  • Simpan dalam format gambar seperti .JPG, .GIF, .BMP, atau .PNG
  • Ukurannya harus kurang alias batas maksimal gambar 2MB
  • Coba gunakan rasio tinggi lebar 16:9, karena rasio tersebut yang paling sering dipakai untuk memutar serta pratinjau video YouTube

Ketahui Yuk: 2 Trik Mudah Putar Video YouTube Terus Menerus Tanpa Henti

Kalau memang thumbnail konten kalian yang sesuai dengan ketentuan tersebut sudah siap, maka langkah berikutnya yang harus dilakukan yakni:

  • Pertama, silahkan login ke YouTube Studio Beta terlebih dahulu
  • Kemudian pada menu bagian kiri, pilih Video
  • Lalu pada bagian thumbnail, pilih thumbnail kustom
  • Pilih file yang ingin dijadikan thumbnail pada konten kalian
  • Simpan

Dengan begitu kalian sudah bisa mendapatkan tampilan video dengan thumbnail yang menarik dan besar kemungkinannya dapat meningkatkan traffict viewers kalian. Seperti itulah guys cara menambah atau mengganti thumbnail video di YouTube yang mudah. Selamat mencoba.

baca juga: Cara Membuka dan Menutup Miniplayer di YouTube Desktop

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.