Fitur Baru WhatsApp Ini Bisa Kenali Berita Hoax

0
703
WhatsApp iCon
Copyright ©teknopreneur

Bisa Deteksi Informasi Benar atau Tidak

Oketekno – Menjadi layanan pesan instant paling populer di Dunia tidak sepenuhnya mudah dan menyenangkan. Seperti yang kita lihat, WhatsApp sering kali menjadi layanan yang disalahkan setiap kali ada permasalahan terjadi, terutama masalah Hoax dimana mudah tersebar dalam platform tersebut.

Dikarenakan memang ingin memberikan pengalaman penggunaan yang maksimal dan menyenangkan terhadap penggunanya, belum lama ini pihak WhatsApp telah memperkenalkan layanan pemeriksa fakta. Namun, untuk fitur tersebut sekarang ini hanya tersedia di India saja, masih belum direncanakan untuk disebarkan ke wilayah lain.

Simak Nih: WhatsApp Resmi Hadir di Ponsel Klasik Nokia

Tujuan dihadirkannya layanan ini tentu saja untuk melawan disinformasi atau berita palsu yang kerap kali membuat masyarakat India resah, terlebih ketika menjelang pemilihan umum yang ada di India pada tanggal 11 April. Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman Reuters, untuk menyajikan informasi yang akurat, anak perusahaan Facebook ini menjalin kerjasama dengan startup Proto untuk menilai dan memberikan label terhadap pesan yang terdeteksi benar, salah, menyesatkan atau bantahan.

Fake News
Copyright ©Check Point

Akan tetapi untuk pesan yang akan diberikan label ini dikhususkan untuk pesan yang sudah diteruskan terlebih dahulu oleh pengguna terhadap ‘Chekpoint Tipline’. Kemudian, untuk Pesan ini nantinya akan digunakan untuk menjadi database dan dipelajari serta dipahami seperti apa disinformasi tersebut pola penyebarannya.

Bukan cuman pesan teks saja, melainkan gambar dan juga video nanti akan diperiksa kebenarannya oleh tim terpilih. Dan jenis bahasa yang didukung untuk melakukan deteksi ini adalah Bahasa Inggris serta 4 bahasa lokal seperti Hindi, Telugu, Bengali dan Malayalam.

Namun ketika tim Reuters mencoba untuk melaporkan pesan yang mengandung disinformasi ini kepada Checkpoint Tipline kemarin lalu, respons dari pihak WhatsApp terbilang sangat lambat. Disebutkan kalau 2 jam, tim baru mendapatkan klasifikasi dari pengembang. Meski begitu, yang jelas untuk kedepan nantinya akan diusahakan menjadi lebih baik dan pelayanannya makin cepat. Diharapkan pelayanan barunya ini memiliki kemampuan lebih baik dalam menekan penyebaran Hoax ketimbang sebelumnya yang cuman membatasi forward 5x saja.

baca juga: Diperbarui, Fitur PiP di WhatsApp Android Makin Keren

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.