Jangan Pakai Browser Bawaan Xiaomi Dahulu, Ini Permasalahannya

0
1155
Xiaomi Smartphone Browser
Copyright ©Blog Uptodown International

Browser Bawaan Xiaomi Bermasalah

Oketekno – Pengguna Smartphone Xiaomi saat ini sangat banyak sekali, perangkat ini telah mendapatkan popularitasnya dengan identitas banderolan harga terjangkau. Disamping itu, vendor ini juga memiliki pengembangan software yang terus update setiap waktu untuk menjaga kualitas dan kenyamanan pengguna.

Akan tetapi belum lama ini ada informasi kurang menyenangkan yang penting sekali untuk diperhatikan oleh setiap pengguna ponsel Xiaomi. Ya, baru-baru ini diketahui kerentanan terjadi pada aplikasi Mi Browser dan Mint Browser versi global.

Simak Nih: Xiaomi Kok Punya Rencana Buat Smartphone dengan Kamera Selfie Seperti Ini?

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman The Hacker News, untuk kerentanan baru yang mengancam pengguna ini diidentifikasi sebagai CVE-2019-10875, dan masalah tersebut telah ditemukan oleh peneliti keamanan independen Arif Khan. Dilaporkan kalau ia mendapati permasalahan akses yang tidak sah pada URL, sebab adanya celah pada interface browser milik Xiaomi tersebut.

Mint Browser
Copyright ©amazonaws

Adanya kerentanan tersebut, tentu saja situs web jahat nantinya dapat mengendalikan URL yang ditampilkan pada bagian bar alamat browser. Dengan begitu, pengguna akan berprasangka kalau dirinya telah mengunjungi situs terpercaya, namun pada kenyataannya yang didapati adalah konten phising atau dapat mengancam perangkat yang dipakai oleh pengguna.

Ketahui Yuk: Xiaomi Kembali Unggah Video Smartphone Layar Lipatnya, Ini yang Dibocorkan!

Permasalahan tersebut telah dilaporkan oleh Arif Khan kepada Xiaomi dan ia telah mendapatkan bonus US$ 198 atau berkisar Rp 2.8 jutaan, dimana fee tersebut terdiri dari US$ 99 untuk temuannya pada Mi Browser dan US$ 99 untuk Mint Browser.

Meski sudah menerima laporan dan memberikan hadiah terhadap si penemu, akan tetapi sampai saat ini masih belum ada respon dari pihak Xiaomi tentang permasalahan tersebut. Media The Hacker News juga telah menghubungi vendor asal China tersebut 2 hari sebelum mengunggah beritanya ini, akan tetapi respon yang diterimanya tidka sesuai dengan perkiraan.

“Saya ingin memberi tahu Anda bahwa sampai saat ini tidak ada pembaruan resmi mengenai masalah ini. Namun, kami meminta Anda untuk tetap terhubung dengan halaman forum untuk perincian lebih lanjut dalam hal ini,” penjelasan yang diberikan oleh pihak Xiaomi. Jadi, sementara waktu jangan gunakan aplikasi Mi Browser terlebih dahulu ya guys, sebagai alternatif bisa pakai Chrome, Firefox, atau mungkin Opera untuk melakukan browsing.

baca juga: Xiaomi Umumkan, 7 Smartphone Redmi Ini Tidak Akan Dapat MIUI 11

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.