Nemu Pesan Hoax di WhatsApp? Segera Laporkan Kesini

0
350
Hoax WhatsApp
Copyright ©mojok

Layanan Penerimaan Laporan Berita Hoax

Oketekno – Pengguna layanan pesan instant WhatsApp di Indonesia banyak sekali, hampir semua pengguna Smartphone memanfaatkan aplikasi sebagai layanan komunikasi utamanya. Dikarenakan jumlahnya yang begitu banyak, tentu saja permasalahan baik maupun buruk bisa dengan mudahnya tersebar ke orang lain.

Menjelang digelarnya Pilpres 2019, tentu saja berita-berita kebohongan bisa dengan mudah terjadi, dan sebenarnya pihak pengembang sudah melakukan beberapa pencegahan penyebaran berita palsu tersebut, seperti membatasi penerusan pesan misalnya. Meski begitu, ini bukan mencegah melainkan hanya sekedar memperlambat saja.

Simak Nih: Pengguna iPhone Indonesia Sudah Bisa Unduh W.A Business

Tersebarnya informasi palsu memang tidak bisa dihentikan selain pengguna bisa dengan bijak menerimanya. Nah, bagi kalian yang mungkin menemukan atau mengendus adanya kebohongan dalam pesan tersebut, bisa langsung melaporkannya ke nomor berikut.

Blokir WhatsApp
Copyright ©BukaFakta

Belum lama ini diketahui WhatsApp telah bekerjasama dengan lembaga Masyarakat Anti Fitnah Indonesia alias Mafindo dan lembaga ICT Watch. “Hal ini dibangun atas komitmen WhatsApp, termasuk upaya kami mengurangi jumlah pesan yang dapat diteruskan hingga maksimal lima kali, yang ternyata dapat mengurangi 25 persen distribusi pesan terusan di WhatsApp,” begitulah ungkap perwakilan WhatsApp dalam keterangan pers kemarin.

Ketahui Yuk: Fitur Baru W.A Ini Bisa Kenali Berita Hoax

Para pengguna nantinya bisa mengirimkan pesan teks, foto atau video yang terindikasi hoax ke nomor +6285574676701. Dan pesan yang dikirimkan kesini sifatnya juga terenkripsi, sehingga hanya pengirim dan penerima saja yang dapat membaca pesannya.

Harry Sufehmi selaku Presidium Mafindo juga meminta kepada para penggunanya untuk segera melapor berita kebohongan ke nomor tersebut agar pesan bisa diidentifikasi dan didata, kemudian dilakukan pemblokiran. Dalam keterangannya yang sama, ia juga mengungkap kalau “Misinformasi merupakan tantangan yang membutuhkan kerja sama yang kuat untuk menanggulanginya.”

Bukan cuman bekerjasama dengan Mafindo dan ICT Watch saja, melainkan pihak WhatsApp juga memiliki rencana untuk menjalin kerjasama dengan komunitas untuk mengembangkan stiker yang bertemakan memberantas hoaks. So, sebagai pengguna yang baik mari turut memberantas hoaks bersama.

baca juga: Trik Agar Tak Sembarangan Dimasukkan Grup W.A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.