Ini Dia Penyebab Facebook Disebut “Moralnya Bangkrut”

0
635
Aplikasi LOL Facebook
Copyright ©ArenaLTE

Facebook Disebut Moralnya Bangkrut

Oketekno – Meski menjadi layanan yang diakui dan diandalkan oleh banyak kalangan, bukan berarti layanan sosial media Facebook memiliki fitur dan pelayanan yang sempurna. Buktinya di tahun kemarin, kebocoran data dalam kapasitas besar telah dialaminya, dan belum lama ini juga terjadi insiden penembakan yang disiarkan secara langsung di platform tersebut.

Setelah beragam masalah tersebut terjadi di platform miliknya, kini Facebook juga telah mendapat hujatan dari banyak kalangan. Perdana Menteri New Zealand bernama Jacinda Ardern telah mengkritisi penayangan secara langsung penembakan di masjid yang terjadi di Negaranya itu.

Simak Nih: Cara Memblokir Orang yang Sering Mengganggu di FB

Dan kali ini kritik kembali datang dari Privacy Commisioner New Zealand bernama John Edwards, dimana ia menyebut kalau perusahaan yang berkantor pusat di Amerika Serikat ini merupakan ‘Pembohong yang Moralnya Bangkrut”.

Facebook
Copyright ©washingtonpost

“Facebook tidak bisa dipercaya. Mereka merupakan pembohong yang moralnya bangkrut yang memungkinkan terjadinya genosida (Myanmar), memfasilitasi asing untuk merusak institusi demokrasi. (Mereka) memperbolehkan live streaming bunuh diri, pemerkosaan, dan pembunuhan, terus meng-host dan mempublikasikan video serangan masjid … Dan menolak untuk menerima tanggung jawab apa pun atas konten atau bahaya apa pun,” seperti itulah pernyataan Edwards dalam akun Twitter pribadinya sebagaimana dilansir dari laman The Guardian.

Ketahui Yuk: Ini Dia Permintaan Bos Facebook Terhadap Pemerintah

Pernyataan ini ditujukan untuk menanggapi pernyataan CEO Facebook bernama Mark Zuckerberg yang disampaikannya dalam stasiun TV ABC. Dalam wawancaranya itu, Zuck tidak ingin berkomitmen untuk mengubah teknologi dalam platform livestream-nya, termasuk diantaranya menggunakan fitur ‘time delay’ yang biasanya digunakan dalam siaran langsung televisi dan radio.

Selain itu, Zuck juga menyampaikan kalau insiden tersebut merupakan tindakan dari aktor jahat, bukan teknologinya yang jahat. Kalau sistemnya diubah, maka streamer lain yang memanfaatkannya untuk hal kebaikan juga akan terganggu pastinya.

Perlu diketahui bahwa berkat adanya live streaming di Facebook tanpa delay ini, memungkinkan penggunanya bisa berdiskusi langsung dengan streamer untuk menanggapi konten yang di tayangkan secara langsung, jadi kalau ada delay kan pelayanan seperti ini menjadi kurang maksimal.

baca juga: Facebook Bakal Hentikan Operasi Instagram di Smartphone Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.