Setelah YouTube, Google Lengah Lindungi Anak di Play Store

0
264
Aplikasi Android Google Play Store
Copyright ©hitekno

Google Play Store Tampilkan Game Kurang Pantas Untuk Anak

Oketekno – Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Google merupakan salah satu perusahaan yang memiliki layanan dengan jumlah pengguna terbanyak di Dunia. Banyak platform yang menjadi anak asuhnya, dan salah satu layanan ramah anak adalah YouTube Kids.

Akan tetapi beberapa lama setelah beroperasi dan kemungkinan hingga sekarang, masih ada saja konten tidak pantas untuk dilihat oleh anak karena memuat konten-konten terlarang. Meski begitu, pihak pengembang sudah berusaha sebaik mungkin untuk memperbaiki setiap permasalahan yang ada tersebut.

Simak Nih: Google Pixel 3a Sudah Dikonfirmasi Sang Vendor, Kapan Meluncur?

Namun sekarang permasalahan baru muncul, dimana layanan Play Store yang secara default hadir untuk pengguna Smartphone berbasis Android, diklaim sudah aman dan cocok untuk dipakai oleh anak-anak. Meski begitu, tetap saja ada konten-konten mengerikan yang tidak sepantasnya tersaji untuk anak.

Bahaya Aplikasi game anak
Copyright ©Selular

Misalnya saja dalam game Mad Max Zombies yang telah mendapatkan peringkat PEGI 3, namun gameplay yang termuat mengharuskan anak untuk menembaki para zombie alias mayat hidup banyak darah. Kemudian untuk game Baby Panda Dental Care, mengharuskan pemain untuk menarik gigi dengan cara yang tidak wajar pastinya.

Ketahui Yuk: Update Google Photos, Bisa Crop Gambar Otomatis

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman Selular, Media Cetak asal Amerika bernama Wired telah melaporkan sebanyak 52 judul telah dikirimkannya ke Google, dan baru 16 diantaranya dihapus langsung atau dirilis ulang dengan peringkat izin yang lebih sesuai.

Mad Max Zombies menjadi salah satu permainan yang langsung mendapatkan perubahan cepat dimana awalnya PEGI 3, kini sudah menjadi PEGI 12-rated, sama seperti Mad War Zombies. Pada dasarnya game-game seperti ini sudah disaring oleh pihak Google menggunakan sistem kuesioner yang sama dengan eShop Nintendo dan Microsoft Store di Xbox, namun skema penyaringan yang diterapkan tidak sama.

Jadi agar anak terhindar dari hal-hal buruk semacam itu di Google Play Store atau dimana saja, sebaiknya orang tua memeriksa terlebih dahulu konten yang ada di dalamnya, apakah benar sudah cocok untuk sang buah hati atau belum.

baca juga: Smartphone Android Masih Sering Ditembus! Google Perbarui Keamanan Google Play Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.