WhatsApp dan 2 Layanan Miliknya Down, Ini Kata Facebook!

0
324
Watsapp
Copyright ©timedotcom

WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down

Oketekno – Permasalahan layanan berbasis online itu memang sudah menjadi hal wajar, akan tetapi pengembang selalu mengusahakan yang terbaik agar penggunanya puas dengan pelayanannya yang lancar. Akan tetapi, kalau sering terjadi masalah sepertinya ada yang tidak beres, seperti yang terjadi pada WhatsApp dan kedua layanan sosmed berikut.

Tahun ini diketahui sudah 2 kali terjadi masalah down yang berimbas kepada banyak pengguna. Setelah tumbang pada tanggal 14 Maret 2019 kemarin, platform ini juga kembali mengalami permasalahan serupa tanggal 14 April 2019 Sore. Tidak hanya sebentar, masalah terjadi selama beberapa jam sehingga banyak pengguna yang terpaksa menggunakan layanan lain untuk berinteraksi.

Simak Nih: Kirim File Audio di W.A Bisa Langsung Banyak Sekaligus

Facebook, WhatsApp, Instagram tumbang secara bersamaan dan pada saat itu banyak kalangan yang menyebut kalau ini merupakan permasalahan terparah sepanjang sejarahnya. Meski begitu, perusahaan Facebook yang menaungi ketiga platform tersebut tidak memberikan penjelasan terperinci terkait hal tersebut.

WhatsApp
Copyright ©eSellerCafe

Pada saat permasalahan tersebut terjadi, beberapa kalangan menyebut kalau kejadian ini disebabkan oleh Hacker. Namun perusahaan telah membantahnya, dengan mengungkap “Saya bisa mengkonfirmasi bahwa ini tidak ada hubungannya dengan usaha hack dari luar,” seperti itulah ungkap juru bicara Facebook bernama Tom parnell kepada media Wired.

Ketahui Yuk: Cara Membuat Akun W.A dengan Nomor Telepon Rumah

Dan tentu saja diduga kuat kalau permasalahan tumbangnya WhatsApp, Facebook, Instagram kemarin juga serupa dengan masalah sebulan lalu. Dimana disebutkan kalau pihaknya melakukan pembaruan konfigurasi server. Dengan begitu, memaksa pengguna untuk mengalami penundaan akses sementara terhadap aplikasi yang berada dibawah naungannya tersebut.

Kemudian beberapa analis juga telah menyebutkan kalau kejadian tersebut berkaitan dengan rencana integrasi besar-besaran yang dilakukan oleh Facebook terhadap ketiga platform sosial media terbesarnya, yakni layanan utama FB, WhatsApp, dan juga Instagram. Masalah integrasi ini diungkap oleh Mark Zuckerberg langsung, dan ia ingin rencana tersebut selesai secepatnya, paling tidak tahun 2020 sudah bisa mulai beroperasi. So, seperti apakah integrasi yang dimaksud ini? Kita nantikan saja hasilnya.

baca juga: Ditunggu Sekian Lama, Akhirnya WhatsApp Datang Juga di Perangkat Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.