Kata Kominfo Soal WhatsApp yang Down Kemarin

0
739
Whatsapp Cracked Down
Copyright ©Business Insider South Africa

Tanggapan Kominfo Soal WhatsApp Down

Oketekno – Permasalahan tentang layanan WhatsApp dan 2 platform milik Facebook lainnya menjadi perbincangan hangat, pasalnya pengguna dari ketiga layanan tersebut memang fantastis, hampir semua orang di Jagat menggunakannya untuk saling terhubung satu sama lain, namun malah down dalam waktu yang lama.

Berkenaan dengan hal tersebut, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga turut berkomentar, dan pihaknya mengatakan kalau masalah tersebut dikarenakan gangguan server, sehingga ketiga layanan tersebut tidak dapat diakses dengan lancar oleh penggunanya di sejumlah Negara, termasuk Indonesia salah satunya.

Simak Nih: Kirim File Audio di W.A Bisa Langsung Banyak Sekaligus

“Jadi benar kemarin, WhatsApp, Facebook, dan Instagram down di beberapa wilayah di Dunia, termasuk Indonesia,” seperti itulah ungkap Plt Kepala Humas Kominfo bernama Ferdinandus Setu, di Jakarta, dilansir dari laman AntaraNews, Selasa (16/4/2019).

WhatsApp Android
Copyright ©TechGig

Untuk gangguan yang menimpa pada layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram ini berlangsung sekitar 40 menitan dan mulai pukul 18.00. Setelah layanan pesan instant terpopuler di Dunia itu kembali normal, banyak pesan berantai yang mengatakan kalau gangguan layanan tersebut merupakan ulah pemerintah untuk merekam jejak masyarakat di media sosial.

Ketahui Yuk: Ditunggu Sekian Lama, Akhirnya W.A Datang Juga di Perangkat Ini

Akan tetapi informasi tersebut langsung ditampik oleh Menteri Kominfo bernama Rudiantara, ia mengatakan kalau informasi ini tidak benar. Pihak pemerintah Indonesia tidak berkaitan dengan permasalahan tumbangnya layanan milik perusahaan Facebook tersebut, sehingga ini benar-benar kesalahan penuh dari pengembang, bukan pihak ketiga.

Kejadiannya tidak cuman di Indonesia, melainkan pengguna di Amerika Serikat, Bahrain, Inggris, Perancis, Thailand, hingga Oceania juga mengalami gangguan dalam waktu bersamaan, sehingga mereka juga tidak dapat mengakses layanan tersebut. Situs facebook.com benar-benar tidak dapat dikunjungi, sehingga membuat sejumlah kalangan harus mengungsi ke platform lain.

Sebelumnya juga sudah disebutkan kalau kejadian ini merupakan kali kedua menimpa WhatsApp dan 2 layanan lainnya dalam waktu sebulan, dan tidak berlangsung sebentar. Akankah kejadian seperti ini menimpa platform itu lagi bulan depan? Semoga saja tidak.

baca juga: W.A dan 2 Layanan Miliknya Down, Ini Kata Facebook!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.