Tak Lagi Mudah, Sebelum Screenshot WhatsApp Harus Lakuin Ini Dulu

0
1016
WhatsApp Apps
Copyright ©News.com.au

Screenshot Chat WhatsApp Dilindungi

Oketekno – Beberapa waktu terakhir ini layanan WhatsApp mulai menjadi pusat perhatian, bukan karena tingkat popularitasnya yang luar biasa saja, melainkan beberapa permasalahan salah satunya seperti sarana penyebaran hoax juga menjadi topik yang serius. Akan tetapi pengembang juga sudah berusaha sebaik mungkin untuk melakukan perbaikan.

Setelah melakukan pembatasan pesan Forwarded, label penerusan pesan,  hingga penyediaan lembaga penampung hoax, kini telah dilakukan pembaruan lainnya yang dirasa cukup membantu sejumlah kalangan melindungi privasinya serta dari serangan hoax. Pembaruan yang dimaksudkan adalah perlindungan Screenshot.

Simak Nih: 6 Tips Mengatasi Pesan WhatsApp yang Tidak Bisa Masuk “Pending”

Menurut laporan terbaru dari WABetaInfo, pihaknya telah mendapatkan informasi kalau layanan pesan instant terpopuler di Dunia itu akan menerapkan sistem baru yang akan lebih menyulitkan pengguna untuk menangkap layar dalam aplikasi WhatsApp. Bagi para pengguna yang ingin melakukan tangkapan layar nanti diminta untuk mengkonfirmasinya terlebih dahulu menggunakan sidik jari.

Stiker Emoji WhatsApp
Copyright ©wabetainfo

Kalau dipikir lebih meluas, sepertinya fitur semacam ini kurang bermanfaat untuk perlindungan privasi, pasalnya hanya sebelah pihak saja yang diminta untuk melakukan konfirmasi, dan itu adalah yang melakukan screenshot. Sedangkan pihak pengirim pesan alias lawan bicara, tetap tidak mengetahui kalau orang tersebut melakukan tangkapan layar terhadap percakapannya.

Jadi, kalau memang pesan begitu penting dan tidak ingin diketahui orang lain, maka salah satu cara menghindari agar pesannya tidak ditangkap oleh pengguna lain adalah menghapus setiap pesan (hapus untuk semua) dari percakapan penting yang terjadi itu. Tapi ini juga harus dilakukan dengan cepat, dikarenakan ada batasan untuk benar-benar menghilangkan percakapan itu, dan jangan khawatir sebab ketika telah terbaca sekalipun, percakapan tetap bisa dihapus.

Untuk fitur keamanan dalam menangkap layar ini sudah dihadirkan dalam aplikasi WhatsApp versi beta 2.19.106. Sedangkan untuk kehadirannya di versi publik masih belum dipastikan. Dan dalam versi itu juga dihadirkan fitur baru seperti Doodle UI dan juga fitur Sticker yang terpisah dari emoji.

baca juga: Cara Mudah Bagikan Link di Status WhatsApp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.