Meski Populer, Namun Tik Tok Dilarang Masuk Kesini

0
326
Tik TOk
Copyright ©India Today

Tik Tok Diblokir di India 

OketeknoAplikasi Tik Tok menjadi salah satu platform hiburan yang begitu populer di sejumlah Negara, salah satu diantaranya adalah Indonesia. Melalui aplikasi tersebut, kita dapat mengkreasikan diri dalam video pendek penuh efek animasi untuk dinikmati oleh orang lain.

Meski sudah begitu populer, akan tetapi masih ada Negara yang tidak mengizinkan aplikasi tersebut beredar luas di wilayahnya, yakni India. Dilaporkan pihak pemerintahan setempat telah memberlakukan larangan terhadap aplikasi Tik Tok untuk beredar di Negaranya, dan Google serta Apple diminta untuk menghapus aplikasi tersebut dari toko aplikasi miliknya.

Simak Nih: Facebook Messenger Sudah Punya Menu Khusus Untuk Aktifkan Mode Gelap

Perintah penghapusan tersebut sudah dikeluarkan sejak tanggal 3 April 2019 kemarin, dan dengan menyertai alasan aplikasi tersebut diduga dipakai untuk menyebarkan p*rnografi dan eksploitasi anak secara luas dan bebas.

Tik TOk India
Copyright ©YouTUbe

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman The Verge, India merupakan salah satu Negara dengan jumlah pengguna Tik Tok terbanyak. Di wilayah tersebut, diketahui aplikasi yang merupakan besutan developer asal China ini telah mendapatkan jumlah unduhan 230 juta kali di Negara tersebut.

Ketahui Yuk: Cara Mudah Bagikan Link di Status WhatsApp

Mengenai pemblokiran layanannya itu, pihak pengembang Tik Tok telah percaya terhadap sistem judisial yang diterapkan di India. Selain itu, developer juga tetap optimis kalau nantinya bakal ada solusi dimana dapat diterima dengan baik oleh 120 juta pengguna aktif dari layanannya tersebut di India.

Berdasarkan keterangan yang didapat, beberapa bulan terakhir ini pihak pengadilan India juga sudah menginvestigasi aplikasi Tik Tok, dan Menteri Teknologi Informasi di Negara bagian Tamil Nadu M. Manikandan telah mengungkap kalau pemblokiran tersebut dilakukan dikarenakan regulator khawatir terhadap aplikasi tersebut bisa menyebabkan degradasi terhadap budaya nantinya.

Seperti yang kita tahu bahwa di Indonesia sebelumnya Tik Tok juga sempat diblokir dikarenakan menyebarkan konten dewasa dan juga penggunaan oleh anak dibawah umur. Akan tetapi semua masalah teratasi dan layanan kembali normal setelah ByteDace selaku pengembang melakukan pembenahan terhadap layanannya itu.

baca juga: Perbedaan Aplikasi Spotify Lite dan Standar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.