Facebook Akui Diam-Diam Kumpulkan Jutaan Email Penggunanya

0
1250
Facebook email
Copyright ©JalanTikus

Facebook Kumpulkan Jutaan Data Penggunanya

Oketekno – Sebagai penyedia layanan sosial media dimana yang dinikmati oleh banyak kalangan, tentu sudah menjadi suatu keharusan bagi pengembang untuk melindungi data setiap penggunanya. Namun sayang, Facebook belum lama ini telah membuat pengakuan yang cukup mengejutkan, dimana disebutkan kalau pihaknya telah mengumpulkan kontak email dari 1.5 juta penggunanya tanpa seizin dari mereka.

Untuk data email tersebut diambilnya secara diam-diam, dan kejadian tersebut sudah dilakukan sejak bulan Mei 2016 silam. Dan untuk aktivitas ini sendiri telah terungkap saat seorang peneliti keamanan memerhatikan ketika platform meminta pengguna untuk memasukkan kata sandi email miliknya, dengan alasan untuk verifikasi identitas ketika melakukan pendaftaran akun.

Simak Nih: Masih Misteri, Ini Layanan Baru yang Tengah Dipersiapkan Raksasa Sosmed

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman Cnet, disebutkan kalau para pengguna yang memasukkan kata sandi akan melihat pesan muncul yang mengungkap kalau ingin mengimpor kontaknya tanpa harus meminta izin terlebih dahulu terhadap pengguna.

email Facebook
Copyright ©Eratekno

Akan tetapi berdasarkan pernyataan yang diungkap oleh juru bicara Facebook, 1.5 juta data email penggunanya ini dikumpulkan dengan tujuan untuk membantu membangun web koneksi sosial FB. Kemudian mereka nantinya akan menggunakan data tersebut untuk merekomendasikan teman yang dimilikinya, alias pernah dihubungi melalui email.

“Bulan lalu kami berhenti menawarkan verifikasi kata sandi email sebagai opsi bagi orang memverifikasi akun mereka ketika mendaftar untuk Facebook untuk pertama kalinya. Ketika kami melihat langkah-langkah yang dilakukan orang untuk memverifikasi akunnya, kami menemukan dalam beberapa kasus kontak email orang juga diunggah secara tidak sengaja ke Facebook ketika mereka membuat akun,” seperti itulah yang dikatakan oleh Juru Bicara Facebook.

Diakui kalau permasalahan tersebut sudah diperbaiki dan orang-orang yang kontaknya diimpor telah mendapatkan pemberitahuan. Jubir Facebook meyakinkan kalau kontak tidak akan dibagikan kepada pihak ketiga dan sekarang sudah dalam tahap proses penghapusan. Apakah permasalahan terkait privasi pengguna FB bakal berakhir sampai disini saja, atau mungkin nanti ada masalah lainnya? Kita nantikan saja.

baca juga: Messenger Sudah Punya Menu Khusus Untuk Aktifkan Mode Gelap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.