Alasan Facebook Minta Pengguna Instagram Segera Ganti Password

0
757
Facebook Instagram Lolli
Copyright ©unknown-gaming

Jutaan Password Instagram Terungkap

Oketekno Instagram merupakan salah satu layanan yang berada dibawah naungan perusahaan Facebook, sang raksasa sosial media Dunia dengan jumlah pengguna terbanyak. Melalui platform tersebut, ada berbagai macam jenis akun yang terdaftar, mulai dari masalah kehidupan pribadi, hingga untuk akun promosi bisnis dari produknya.

Dikarenakan seluruh data yang ada di setiap akun Instagram ini penting, maka developer harus mampu menjaga privasi setiap penggunanya dengan baik. Akan tetapi belum lama ini ada informasi yang kurang menyenangkan datang untuk pengguna IG. Pasalnya, Facebook telah mengungkap kalau pihaknya telah meninggalkan jutaan kata sandi dalam format yang dapat dibaca dengan mudah.

Simak Nih: Cara Agar Postingan Instagram Tidak Diunggah ke Stories Pengguna Lain

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman PhoneArena, untuk jumlah tersebut lebih banyak jika dibandingkan dengan sebelumnya yang hanya mencapai puluhan ribu saja. Dalam pernyataan lebih lanjut, Facebook mengatakan kalau biasanya sistem loginnya dirancang untuk menutupi kata sandi menggunakan teknik tertentu sehingga tidak dapat dibaca.

FBIG Apps
Copyright ©Detak

Akan tetapi dipastikan kalau dalam insiden ini tidak ada orang lain dari dalam maupun luar perusahaan yang mengakses, sehingga privasi pengguna masih tetap bisa dipastikan dalam status aman. “Sejalan dengan praktik terbaik keamanan, Facebook menutupi kata sandi orang ketika mereka membuat akun sehingga tidak ada orang di perusahaan yang dapat melihatnya,” seperti itulah ungkap juru bicara Facebook sebagaimana dilansir dari laman Techcrunch.

Bukan cuman itu saja, Facebook juga telah menggunakan sistem keamanan kriptografi sehingga memungkinkan untuk mengganti setiap kata sandi dengan serangkaian karakter acak yang tidak dapat dikembalikan lagi. “Dengan teknik ini, kami dapat memvalidasi bahwa seseorang masuk dengan kata sandi yang benar tanpa harus menyimpan kata sandi dalam teks biasa,”

Walaupun dipastikan tidak ada pihak lain yang terlibat dalam kejadian ini, akan tetapi Facebook tetap menyarankan terhadap pengguna Instagram untuk segera mengganti password akses login-nya lagi. Syukur kalau pengguna juga bisa dengan rutin memperbaruinya.

baca juga: Facebook Bakal Hentikan Operasi Instagram di Smartphone Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.