Uninstall! Berikut 6 Aplikasi Android yang Ketahuan Curang dan Boros Baterai

0
8230
Google Play Store Warning
Copyright ©Chromplex

Aplikasi Android Ini Bikin Baterai Boros dan Privasi Terancam

Oketekno –  Meski sudah diberikan sistem keamanan dan pemindaian yang canggih, akan tetapi beberapa kali masih ditemukan aplikasi yang melakukan tindak kecurangan serta meresahkan para pengguna Aplikasi Android. Dan belum lama ini dilaporkan kalau Google telah menghapus 6 aplikasi dari Play Store karena masalah kenyamanan pengguna.

Berdasarkan investigasi yang dilakukan oleh BuzzFeed News, dikatakan 6 aplikasi tersebut berasal dari DU Group yang mana dulunya menjadi salah satu bagian dari Baidu. Dan parahnya, keenam aplikasinya ini juga telah mendapatkan jumlah pengguna yang sangat banyak.

Simak Nih: Beberapa Aplikasi Animasi Teks Terbaik yang Bisa Percantik Video YouTube Kalian

Kalian yang merupakan pengguna Smartphone Android harus tau bahwa keenam aplikasi android yang dilaporkan oleh Buzzfeed ini diantaranya yakni seperti Selfie Camera, Smart Cooler, Total Cleaner, AIO Flashlight, RAM Master, dan Omni Cleaner. Mungkin sebagian dari kalian sudah tidak asing lagi dengan Selfie Camera, sebab aplikasi tersebut menjadi yang paling populer diantara kesemuanya, dan jumlah unduhannya mencapai 50 juta kali.

Selfie Camera Apps
Copyright ©Best selfie camera app

Peneliti dari CheckPoint telah menganggap kalau keenam aplikasi tersebut telah melakukan tindak kecurangan, sebab mereka memiliki kode yang memungkinkan aplikasi Android tersebut secara otomatis klik iklan yang muncul, tanpa pengguna mengetahuinya. Bukan ketika layar menyala saja, bahkan ketika ponsel dalam keadaan layar mati sekalipun kinerja seperti itu tetap berjalan.

Dikarenakan sistem melakukan tindakan klik otomatis ketika ponsel dalam keadaan nyala atau stand by ini, maka baterai juga akan lebih cepat terkuras pastinya. “Kami secara eksplisit melarang penipuan iklan dan penyalahgunaan di Google Play. Pengembang diwajibkan untuk mengungkap pengumpulan data pribadi dan hanya menggunakan izin yang diperlukan untuk menjalankan fitur dalam aplikasi,” seperti itulah ungkap juru bicara Google kepada BuzzFeed News.

Lebih parahnya lagi adalah, Selfie Camera dimana yang paling populer diantara 5 aplikasi android lainnya, terdeteksi kalau aplikasi tersebut tidak hanya melakukan “Ad Fraud” saja, melainkan juga melakukan “Download Fraud” yang memungkinkan aplikasi memantau aplikasi lain di perangkat korban.

baca juga: 2 Aplikasi Terbaik Alternatif WhatsApp Asli Indonesia, Cobain Yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.