Benarkah Trending Topic Bisa Diatur? Ini Kata Twitter

0
316
Twitter Trending
Copyright ©Spur Magazine

Penjelasan Twitter Soal Trending Topic

Oketekno – Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Twitter menjadi salah satu platform sosial media yang cukup sering pula digunakan sebagai wadah pelampiasan emosi seseorang dan ingin mendapatkan respon dari pengguna lain tentang perasaannya. Dan tentu saja fungsinya yang seperti ini mirip dengan sang raksasa sosmed, Facebook.

Akan tetapi pada layanan berlogo burung biru ini ada yang khas, yakni soal trending topic dimana sering kali viral. Misalnya saja pada Pemilu 2019 kemarin dimana banyak tagar yang menjadi perbincangan sebagian besar masyarakat Indonesia. Bukan cuman 1 atau 2 tagar saja, dalam hitungan hari atau jam trend tersebut bisa langsung berganti tagar dengan yang lebih baru.

Simak Nih: 2 Aplikasi Terbaik Alternatif WhatsApp Asli Indonesia, Cobain Yuk!

Dikarenakan seringnya pergantian tanda tagar dan trending topic Twitter ini, muncullah pertanyaan apakah memang platform tersebut memang bisa diolah oleh pihak tertentu untuk menentukan trend tagar yang tengah menjadi perbincangan banyak kalangan tersebut? Begini tanggapan perwakilan perusahaan.

Trend
Copyright ©Independent

“Twitter tidak bisa mengotak-atik trending topic. Algoritma yang menentukan tagar bisa masuk ke trending topic,” seperti itulah yang dikatakan oleh juru bicara Twitter pada saat menghadiri acara Konferensi pers #RamadanDiTwitter di Jakarta, kemarin Senin, 22 April 2019. Disebutkan pula kalau tagar atau topic permasalahan bisa viral bukan disebabkan oleh jumlah, melainkan suatu hal yang diunggah secara bersamaan dalam satu waktu.

Dan masalah Buzzer dimana yang sering kali membantu menjadikan Topic tertentu di Twitter menjadi trending, perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Kalau dianalisa pembahasannya itu organik, maka akan dibiarkan saja karena itu akun asli. Akan tetapi kalau kerjaannya cuman copy paste saja, maka akan ada tindakan lebih lanjut dari pengembang.

“Misalnya mereka tweet-nya sama, copy tweet, di-tweet di saat bersamaan itu nanti bisa kena, bukan akun asalnya saja yang kena, tetapi tagarnya juga tidak masuk ke trending topic, karena itu kita menyebutnya manipulasi trending topic. Kalau percakapan, menyangkut pemilu, waktu kampanye terakhir di GBK, baik paslon 01 atau 02, teman-teman bisa lihat sendiri, sama-sama trending topic dan percakapan dari akun memang real. Jadi, kalau akun dari real dan tidak melanggar aturan Twitter, kita tidak take action, kalau kita take action berarti kita melanggar peraturan kita sendiri,” ungkap juru bicara Twitter.

baca juga: 6 Aplikasi Android yang Ketahuan Curang dan Boros Baterai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.