Awas! Klik Tautan Verifikasi WhatsApp Ini Malah Bahayakan Akun

0
335
WhatsApp Scam
Copyright ©HD Wallpaper Free Download

Verifikasikan Diri Malah Bahayakan Akun WhatsApp

Oketekno – Layanan Pesan Instant WhatsApp sekarang ini sudah menjadi prioritas utama bagi sebagian besar pengguna Smartphone di Dunia. Meski keamanan sudah dijaga dengan baik, tetap saja pengguna harus berpartisipasi untuk turut menjaga akunnya agar tidak disalahgunakan oleh pihak ketiga. Dan jangan lupa untuk update informasi mengenai W.A secara berkala agar mengetahui segala permasalahan yang terjadi pada platform pesan instant tersebut.

Belum lama ini telah beredar informasi dari Otoritas Telekomunikasi Uni Emirat Arab yang memperingatkan kepada para pengguna agar waspada terhadap pesan yang memuat link verifikasi palsu dari WhatsApp. Meski isinya menjanjikan, akan tetapi itu merupakan scamming.

Simak Nih: W.A Tidak Mungkin Bernasib Tragis Seperti BBM, Masa Iya?

Para pengguna disarankan untuk tidak membalas pesan berupa kode verifikasi ini, sebab sudah banyak akun yang menjadi korban peretasan melalui cara tersebut. Chief Technology Officer perusahaan keamanan Cyber Help AG Middle East bernama Nicolai Solling telah mengungkap kalau pesan ini menyebar luas dan disebut sebagai rekayasa sosial.

WhatsApp Hack
Copyright ©Eratekno

“Para pelaku kejahatan meretas banyak akun secara global dan tujuan utama mereka adalah mendapatkan kontrol atas akun WhatsApp. Apa yang dilakukan mereka adalah mengirimkan kode WhatsApp dan meminta si penerima membalasnya dengan melakukan klik pada tautan tersebut untuk verifikasi nomor telepon,” seperti itulah yang dikatakan oleh Nicolai Solling sebagaimana dilansir dari laman TechRadar.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa pada dasarnya ketika kita mendaftar atau login ke akun WhatsApp itu akan ada kode verifikasi untuk mengetahui apakah kalian merupakan pengguna sebenarnya atau bukan, kemudian kalau perangkat yang dipakai sama tentu kode tersebut akan masuk secara otomatis. Akan tetapi, dalam kasus tersebut peretaslah yang mengirimkan kode verifikasi, dan ini bukan berupa kode pada umumnya melainkan link.

Ketika tautan yang tersemat itu di klik, maka kalian akan mengkonfirmasi kalau itu adalah atas nama si pengirim link. Dengan demikian, kita tentu bisa kehilangan kendali atas akses ke pesan W.A kita dan si pelaku bisa membaca serta mengirimkan pesan atas nama kita. Dengan kata lain, kita telah kehilangan kendali penuh terhadap akun. Cara terbaik mencegah kejadian seperti ini yakni jangan pernah mengkonfirmasi apapun kalau kita tidak meminta kode verifikasi kepada layanan sosmed.

baca juga: Aplikasi Android yang Bisa Bikin W.A Kalian Makin Keren

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.