Lagi-Lagi Google Hapus Puluhan Aplikasi Android Pengintip, Populer Banget di Indonesia

0
1997
Aplikasi Android adware
Copyright ©androidauthority

Aplikasi Android yang Memuat Adware

Oketekno – Sistem keamanan layanan Google memang terus mengalami peningkatan, akan tetapi berbagai macam upaya virus untuk menjangkit perangkat pengguna masih marak terjadi, sehingga raksasa mesin pencarian tersebut sering kali melakukan pembersihan, terutama Aplikasi Android yang beberapa waktu terakhir ini ditemukan banyak yang bermasalah.

Baru-baru ini diketahui Google telah membersihkan 50 aplikasi android lagi yang terdeteksi melakukan pengintipan terhadap privasi pengguna. Diketahui kalau sederet aplikasi tersebut sudah menginfeksi 30 juta pengguna Android, sehingga ini tergolong sudah cukup parah.

Simak Nih: Ragukan Keamanan WhatsApp dan Telegram, Aplikasi Ini Malah Lebih Parah

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman Threatpost, kelima puluh aplikasi yang telah dihapus oleh Google belum lama ini diantara lain masuk ke dalam jenis aplikasi fitness, game hingga editing foto. Dari keterangan yang disampaikan oleh Avast, sederet aplikasi tersebut mencantumkan adware, sistem yang bisa menayangkan iklan dan klik otomatis.

Aplikasi Android Terdeteksi merugikan
Copyright ©The Hacker News

Aplikasi adware berhubungan dengan penggunaan Android library pihak ketiga. Aplikasi ini memanfaatkan library tersebut untuk terus menampilkan iklan dengan melanggar aturan Google Play Store,” seperti itulah keterangan yang diberikan oleh Avast. Beberapa diantaranya, aplikasi yang kini sudah dihapus oleh Google diantara lain yakni seperti Chess Battle, Connect the Dots, Easy Pics Cutter, Magic Gamepad – Stress Releaser & Boredom Blocker, Pro Photo Blur, Free Watermark Camera 2019, dan Magic Cut Out.

Ketahui Yuk: Aplikasi Android yang Bisa Bikin WhatsApp Kalian Makin Keren

Bukan cuman menayangkan iklan dalam tampilan layar penuh saja, terkadang virus ini juga memberikan saran terhadap pengguna untuk memasang aplikasi android lainnya yang mengandung adware juga. Dan para peneliti telah mengatakan kalau mereka menemukan 2 jenis adware saja selama ini. Untuk jenis pertama sudah terpasang 3.6 juta kali dan tersematkan pada game-game sederhana, aplikasi edit foto, serta aplikasi fitness seperti HiFit salah satunya. Aplikasi semacam ini paling populer dipasang oleh pengguna dari India, Indonesia, Filipina, Pakistan, Bangladesh, dan juga Nepal.

Kemudian untuk jenis adware yang kedua telah terpasang 28 juta kali dan kebanyakan menjangkit aplikasi musik. Indonesia menjadi salah satu target utama aplikasi ini juga, kemudian disusul negara lain seperti Filipina, India, Malaysia, Brasil, Nepal, dan Inggris.

Bagi kalian yang ingin lebih aman, simak daftar aplikasi android yang telah dihapus dari Google Play Store pada link http://bit.ly/2vn8IhQ, ketika kalian masih ada yang memasang aplikasi itu segera hapus dari Smartphone biar aman. Dan untuk mengetahui seperti apa jenis adware yang meresahkan pengguna ini, bisa simak dalam video singkat berikut.

baca juga: Uninstall! Berikut 6 Aplikasi Android yang Ketahuan Curang dan Boros Baterai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.