Penyebab Layar Samsung Galaxy Fold Rentan Rusak Akhirnya Terungkap!

0
1517
Galaxy Fold on Hand
Copyright ©winknews

Ini Alasan Layar Fleksibel Samsung Galaxy Fold Mudah Rusak!

OKETEKNO.COM – Raksasa teknologi Samsung memang telah membuat gebrakkan dengan meluncurkan smartphone layar lipat Galaxy Fold. Namun ternyata perangkat andalannya tersebut tersandung masalah pada layarnya yang mudah rusak. Akhirnya langkah penarikan semua unit Samsung Galaxy Fold dilakukan dimana ramai diberitakan sejumlah media belum lama ini. Akhirnya sang Samsiung secara terbuka mengumumkan penundaan peluncuran smartphone lipat besutannya ini untuk waktu yang belum diketahui.

Memang para pecinta gadget belum lama ini dikejutkan dengan kabar bahwa layar fleksibel yang dapat dilipat pada beberapa unit Samsung Galaxy Fold ternyata rentan rusak. Alhasil masalah ini membuat Samsung terpaksa harus menunda peluncuran Galaxy Fold secara global. Dengan gagalnya rencana debut Galaxy Fold yang sudah didepan mata memang membuat banyak orang mempertanyakan apa yang salah dan apa penyebab smartphone layar lipat pertama di dunia ini batal dirilis dalam waktu dekat.

Baca Juga Peluncuran Galaxy Fold Ditunda, Huawei Mate X Juga Ikutan Mundur?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa banderolan harga Samsung Galaxy Fold dilepas cukup mahal nyaris menyentuh USD 2000. Namun dengan harga cukup tinggi tersebut nyatanya posnel layar lipat ini menyimpan sejumlah kerentanan paada komponen layar fleksibel yang dimiliki. Seorang netizen dari situs iFixit ternyata mengungkapan beberapa alasan dan penyebab Galaxy Fold begitu rapuh dan mudah rusak pada layar lipatnya.

Pada postingan blog terbaru di iFixit sendiri, sesorang bernama Kevin Purdy dan anggota lain dari tim iFixit ini telah mengecek masalah yang ada dalam ponsel lipat Samsung ini. Tim tersebut diketahui memperoleh kesempatan untuk menggunakan Samsung Galaxy Fold sebagai salah satu media yang mengulas smartphone lipat keren ini.

Layar Samsung Galaxy Fold Rusak
Copyright ©Twitter @stevekovach

Dalam postingan tersebut ringkasnya mengungkapkan bahwa tampilan panel OLED menjadi ‘jantung masalah’ dari Samsung Galaxy Fold. Komponen layar OLED ini tidak dibekali dengan lapisan pelindung seperti Corning Gorilla Glass pada bagian atasnya. Layar OELD yang dibawakan Galaxy Fold bahkan sangat rapuh sehingga partikel terkecil debut sekalipun dapat memicu masalah pada layarnya. Bahkansedikit saja adanya lipatan akan memungkinkan area itu tertumpuk debu ssehingga dapat menjadi area sensitif dann menjadi sumber masalah pada layar Galaxy Fold.

Untuk diketahui, pada beberapa kasus hadirnya film pelindung layar dalam panel layar OLED memang dikelupas oleh sejumlah pengguna. Padahal langkah tersebut dapat menimbulkan resiko fatal yakni kerusakan pada layar OLED terutama jika layar tersebut fleksibel atau dapat dilipat dimana akan memperoleh tekanan kuat yang relatif tidak terlindungi.

Baca Juga Galaxy Fold Masih Bermasalah, Samsung Sudah Rancang Generasi Penerusnya

Memang sebelum perangkat Samsung Galaxy Fold ini dirilis, vendor asal Korea Selatan ini telah melakukan sejumlah pengujian tekanan (strength test) pada bahan layarnya secara mekanis dimana telah dipublikasikan ke media. Pengujian tersebut menunjukkan folder robot memamerkan mekanisme lipatan pada layar OLED sampau beberapa kali lipat.

Sementara itu iFixit sendiri berpendapat bahwa tes tekanan Samsung Galaxy Fold tersebut terlalu mekanis dan tidak mempertimbangkan fakta bahwa penggunaan manusia pada layar ponsel lipat tentunya berbeda-beda. Tidak adanya garis lipatan khusus di bagian tengah layar yang dapat dilipat bahkan mencegah lipatan secara konsisten, membuat layar OLED tertekan semakin banyak. Ini menjadi salah satu kemungkinan besar yang mampu menjelaskan mengapa layar OLED tersebut mempunyai tonjolan kedol didaerah garis lipatannya.

Baca Juga Berbagai Pujian Terhadap Samsung Galaxy Fold dari Pakar Gadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.