Lebih Ketat Lindungi Privasi Pengguna, Aplikasi Ini Tak Lagi Ada di Facebook!

0
271
Grup Facebook
Copyright ©pictureka

Facebook Perketat Keamanan di Platform-nya

Oketekno – Sebagaimana yang kita ketahui bahwa ketika membuka lini masa Facebook, tidak hanya postingan dari teman saja yang tampil disana, melainkan beberapa tayangan iklan dan juga permainan juga sering kali didapati di platform tersebut. Selain itu, tidak lain beberapa pertanyaan kuis juga sering kali hadir disana.

Banyak sekali jenis kuis yang bisa dimainkan, dan rata-rata setiap kuis yang ditawarkan ini selalu menarik perhatian pengguna Fb, seperti hal-nya keturunannya seperti apa, wajahnya mirip dengan sosok terkenal mana, pasangannya siapa, dan ramalan-ramalan lain. Namun dibalik itu semua, ada kejadian buruk yang mengintai penggunanya.

Simak Nih: Facebook Makin Diuntungkan Karena Stories, Kok Bisa?

Hal buruk yang sangat mungkin terjadi atas insiden tersebut adalah pencurian data pribadi yang diambil dari proses analisa dari kuis tersebut. Akan tetapi untuk sekarang ini pihak Facebook sudah memberlakukan pelarangan terhadap kuis kepribadian yang mengumpulkan data privasi penggunanya untuk memberikan hasil analisa yang mungkin ada kalanya akurat dan sebaliknya. Untuk larangan tersebut telah diberlakukan setahun sejak skandal Cambridge Analytica terjadi.

Facebook Quiz
Copyright ©YouTube

Pada dasarnya untuk kuis kepribadian seperti ini tidak masalah bagi Facebook, akan tetapi yang menjadi persoalan adalah perusahaan sosial media terbesar itu telah mengizinkan pengembang untuk mengumpulkan informasi pengguna serta tidak memastikan kalau data privasinya tetap aman dan digunakan untuk kepentingan yang berkaitan saja.

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman The Verge, Facebook telah menutup sejumlah API lama yang mana dapat mengakses data penggunanya, dan itu juga akan melakukan pencegahan terhadap pengembang untuk mengakses data baru bagi seorang pengguna ketika belum menggunakan aplikasi kuis itu selama 90 hari terakhir.

Memang sih untuk beberapa aplikasi kuis yang ada di platform tersebut masih tersedia, akan tetapi untuk masalah keamanannya sudah lebih terjaga dan Facebook akan berusaha mempertahankan keamanan privasi pengguna tanpa harus mengurangi kenyamanan mereka.

baca juga: 3 Fitur Rahasia Facebook yang Mungkin Belum Kalian Ketahui – Part 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.