Sudah Rilis Smartphone Android Baru, Nasib Sony Malah Makin Terpuruk

0
1768
Sony Xperia 1
Copyright ©Trusted Reviews

Sony Menurun 50%

Oketekno – Disamping meningkatnya berbagai macam vendor baru dalam bisnis Smartphone seperti Huawei, Xiaomi, OPPO, hingga Vivo. Beberapa pemain lama juga ada yang telah mengalami kemunduran, bahkan kini kesulitan pula menghadapi para pemain baru. Selain Apple, yang lebih parah lagi adalah Sony.

Nasib perusahaan asal Jepang ini sudah parah banget di tahun 2019 ini, dimana Smartphone Xperia hanya mampu terkirim sebanyak 1.1 juta unit saja di seluruh Dunia dalam kuartal pertama tahun 2019. Disebutkan kalau ini merupakan jumlah paling rendah sepanjang sejarahnya. Walaupun demikian, beberapa waktu terakhir ini memang nasibnya tidak terlalu baik.

Simak Nih: Sony Pamer TV yang Lebih Panjang Ketimbang Bus, Begini Wujudnya

Pada tahun fiskal yang berakhir pada bulan Maret 2019 kemarin, awalnya perusahaan asal Jepang itu telah menentukan target berhasil mengapalkan unit 10 juta, akan tetapi mengalami pemangkasan ke 9 juta unit, kemudian dipotong lagi tinggal 7 juta unit targetnya. Namun, pengapalannya masih rendah lagi yakni cuman 6.5 juta unit saja selama 12 bulan terakhir. Jumlah tersebut telah mengalami penurunan 50% dibanding sebelumnya yang masih mencapai 13.5 juta unit.

Xperia 1
Copyright ©Digital Trends

Tentu angka tersebut sudah jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan tahun 2014 silam dimana pada saat itu Smartphone Sony masih berjaya dan mendapatkan hasil pengapalan unit ponsel sebanyak 40 juta unit. Dikarenakan telah mengalami penurunan penjualan, tentu kerugian tak bisa terbendung lagi.

Ketahui Yuk: Sering Ciptakan Kamera Canggih Untuk Vendor Lain, Tapi Smartphone Sony Kok Gini?

Dalam laporan keuangan yang diungkapkannya terhadap publik, diketahui kalau perusahaan pembesut Xperia series ini telah mengalami kerugian sebesar 97 miliar Yen atau kurang lebih sekitar Rp 12 triliun. Untuk mengurangi kerugian, salah satu pabriknya di Negara lain juga ditutup, dan ribuan karyawan juga telah dipulangkan.

Selain usaha untuk menutup pabrik dan mengurangi karyawannya, Sony sebenarnya kemarin juga sempat merilis Smartphone Xperia terbaru dengan bentuk lebih panjang dibanding perangkat lain pada umumnya. Meski demikian, hal tersebut masih belum mampu mengangkat penjualannya.

baca juga: Kamera Mirrorless Sony Alpha 6400 Resmi Dijual di Indonesia, Ini Harganya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.