Waspada! Jangan Sampai Terkecoh Penipuan Seperti Ini Saat Browsing

0
992
Copyright©zdnet4

Bug Berbahaya di Google Chrome

Oketekno – Bukan saja terjadi di Dunia Nyata ataupun ketika melakukan komunikasi dengan 2 orang lawan bicara, melainkan penipuan juga bisa saja dilakukan dengan memanfaatkan berbagai macam fasilitas yang ada. Seperti hal-nya para hacker yang mana terus memanfaatkan kecanggihan teknologi yang tersedia untuk mengambil keuntungan pribadi dari orang lain.

Penipuan dalam dunia Cyber biasa dikenal dengan Phishing, dan untuk melakukan hal seperti ini tidak selalu membutuhkan cara yang rumit dengan berbagai macam kode, terkadang beberapa celah keamanan juga bisa dimanfaatkan oleh para hacker. Dan belum lama ini aplikasi Google Chrome memiliki celah keamanan yang bisa dilakukan aksi kejahatan penipuan.

Simak Nih: Jentikan Thanos Hadir di Google, Bisa Hilangkan Separuh Pencarian

Untuk celah keamanan tersebut telah ditemukan oleh seorang developer bernama James Fisher, dia telah mengungkap seperti apa aplikasi Chrome mobile itu menampilkan bar laman di aplikasinya. Dengan memanfaatkan celah tersebut, dirinya berhasil membuat address bar palsu tetap muncul di aplikasi ketika sudah menggulirkannya sekalipun. Padahal secara default, ketika pengguna menggulir kebawah maka address bar akan otomatis tersembunyi.

Phishing Google Chrome
Copyright ©USA Today

Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman Engadget, bukan cuman bisa mengganti address bar yang disembunyikan ketika pengguna menggulirkan layar kebawah saja, melainkan hacker juga dapat memblokir kemunculannya sehingga cuman ada address bar palsu yang akan ditemui pengguna, dan kalau di klik tentu cukup membahayakan.

Fisher hanya melakukan percobaannya pada aplikasi Google Chrome saja, akan tetapi juga diungkap kalau kejadian semacam ini juga dapat terjadi di aplikasi browser lainnya, sehingga pengguna diharapkan selalu waspada dalam browsing.

Kemudian, pencoba bug address bar palsu ini sendiri juga menyebut kalau celah keamanan aplikasi Google Chrome tersebut mudah untuk ditambal, dan sampai sekarang ini juga masih belum ada pengguna yang terjebak ke dalam permasalahan serius atas celah keamanan tersebut. So, harap berhati-hati saja ketika kalian secara otomatis di direct ke laman lain yang tidak jelas asal-usulnya.

baca juga: Tidak Sembarangan, Begini Cara Aktifkan Dark Mode di Google Chrome Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.