Bukan Cuman Facebook Ternyata, Twitter Juga Diuntungkan Oleh Iklan

0
301
Facebook Twitter Make Money
Copyright ©NepaliPatra

Twitter Juga Andalkan Iklan Dalam Pendapatannya

Oketekno – Kalau membahas soal layanan sosial media, jelas posisi pertama dengan jumlah pengguna terbanyak adalah Facebook, kemudian layanan alternatif yang sering kali digunakan oleh banyak pengguna sosmed ketika FB tengah mengalami gangguan atau permasalahan adalah Twitter, banyak dari mereka yang berkeluh kesah tentang pesaing di platform tersebut.

Dan belum lama ini ada laporan kalau kedua platform tersebut telah mendapatkan jumlah keuntungan yang fantastis, laba pada kuartal pertama tahun 2019 ini telah meningkat cukup signifikan. Melalui laporan keuangannya pekan kemarin, Twitter menyebut kalau pendapatannya telah mengalami kenaikan 18% pada kuartal pertama tahun sebelumnya, sehingga pendapatannya kini menjadi US$ 787 juta. Sedangkan Facebook mengalami kenaikan 26%, dan sekarang menjadi US$ 15 miliar.

Simak Nih: Tanggapan Twitter Saat Pesaing Terberatnya Tumbang

Pada dasarnya pendapatan dari kedua platform sosial media ini sama-sama dari iklan. Akan tetapi untuk sistem periklanan yang diterapkan oleh Twitter ini sedikit berbeda dengan Facebook, kesannya untuk periklanan di platform sosmed berlogo burung biru tersebut tidak terlalu mencolok di linimasa pengguna, sehingga mereka menganggap seolah tidak ada iklan di linimasanya.

Facebook Apps
Copyright ©TechCrunch

Twitter diketahui terus memberikan peningkatan terhadap platformnya dengan cara membersihkan spam sehingga mendapatkan space lebih besar untuk penyematan konten iklan baru. Kepala Petugas Keuangan Twitter bernama Ned Segal telah memberikan contoh atas kerjasama barunya yang dijalin dengan Disney untuk mempromosikan Star Trek.

Ketahui Yuk: Pengguna YouTube Tidak Bisa Lagi Share Video ke Twitter

“Di mana saya mengklik untuk memastikan bahwa saya akan diberi tahu ketika lebih banyak informasi tersedia tentang Star Wars berikutnya,” seperti itulah ungkap Ned sebagaimana dilansir dari laman Reuters.

Bukan cuman mengalami peningkatan dalam beriklan saja, melainkan Twitter juga telah mendapatkan kenaikan jumlah pengguna aktifnya sebesar 9 juta dari kuartal sebelumnya, sehingga kini menjadi 330 juta pengguna aktif bulanan. Pendapatan bersih Twitter dalam Triwulan pertama ini naik menjadi US$ 191 juta dari tahun sebelumnya yang hanya US$ 61 juta.

Sedangkan untuk Facebook mengalami kenaikan 26% sehingga kini pendapatannya menjadi US$ 15.08 miliar atau berkisar Rp 211 Triliun pada kuartal pertama tahun ini. Kalau dibandingkan memang masih jauh, tapi peningkatan yang dialami oleh Twitter lebih pesat terutama untuk masalah mendapatkan hati penggunanya.

baca juga: Benarkah Trending Topic Bisa Diatur? Ini Kata Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.