Apple Punya Paten Sensor Sidik Jari Unik, Bisa Deteksi Telinga Juga?

0
645
iPhone Fingerprint
Copyright ©Digital Trends

Apple Daftarkan Paten Pemindai yang Unik

Oketekno – Memang terlihat berjalan cukup pelan dan seolah Apple ketinggalan dengan trending yang tengah terjadi dalam bisnis Smartphone. Akan tetapi sebenarnya perusahaan yang bermarkas pusat di California, Amerika Serikat tersebut memiliki inovasi sendiri yang berbeda dan seolah lebih canggih ketimbang teknologi sebelumnya.

Nah, kemarin soal teknologi fingerprint dalam layar memang iPhone masih kalah karena kegagalan terus terjadi pada saat perkembangannya, akan tetapi Apple menggantinya dengan sensor pemindai wajah yang diklaim lebih aman dan mudah pengaplikasiannya. Kali ini perusahaan tersebut juga memiliki rancangan lain soal sensor keamanan.

Simak Nih: Bukan Cuman iPhone 5G, Apple Juga Kembangkan iPad Pro 5G?

Dalam paten terbaru milik Apple yang di deskripsikan sebagai “Methods of biometric imaging of input surfaces” itu telah dijelaskan kalau sistem pencitraan akustik yang dipakai mampu memetakkan gambar beresolusi tinggi terhadap suatu permukaan, seperti sidik jari misalnya.

iPhone Pemindai Sidik Jari
Copyright ©Patently Apple

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman GSMArena, dalam sistem tersebut, transduser akustik ini mampu mengubah sinyal listrik menjadi energi mekanik dan juga sebaliknya. Gelombang mekanik yang dimaksudkan disini adalah jari yang ditempatkan pada layar, dimana akan diubahnya ke dalam sinyal elektrik. Nah, sinyal inilah yang akan di verifikasi sebagai sistem keamanan perangkat.

Kemudian yang menjadikannya teknologi pemindai terbaru dari Apple ini semakin unik adalah bukan cuman sidik jari saja yang bisa ditempelkan pada layar untuk diotentikasi sebagai sistem keamanan, melainkan telapak tangan, kuping, wajah, hingga jantung sekalipun.

Akan tetapi untuk sekarang ini perusahaan asal Amerika Serikat tersebut masih belum ada tanda-tanda pengimplementasian sensor pemindai seperti itu pada perangkat Smartphone iPhone besutannya. Akan tetapi paling tidak Apple sudah berhasil mendapatkannya terlebih dahulu untuk saat ini. Dan perlu untuk diketahui bahwa paten tersebut sudah diajukannya sejak perilisan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pada tahun 2016 silam.

baca juga: Samsung Bakal Jadi Pahlawan Apple dalam Ciptakan iPhone 5G?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.