Harga Lebih Mahal, Nokia 4.2 Malah Lebih Rendah Ketimbang Nokia 3.1?

0
621
Harga Lebih Mahal, Nokia 4.2 Malah Lebih Rendah Ketimbang Nokia 3.1
Copyright ©Selular

Tidak Banyak Peningkatan dari Nokia 3.1 Plus ke Nokia 4.2

Oketekno – Kemarin HMD Global telah menghadirkan Smartphone terbarunya lagi dengan banderolan harga terjangkau di Indonesia, yakni Nokia 4.2. Sepertinya jarak ini terlalu berdekatan karena di segmen pasar yang sama, sudah ada Nokia 3.1 Plus yang rilis sejak bulan Maret 2019 kemarin.

Pada saat peluncurannya, diketahui kalau Nokia 3.1 Plus dibanderol dengan harga Rp 2.4 juta, sedangkan kemarin Nokia 4.2 ditawarkan senilai Rp 2.5 juta. Dari sini kita dapat mengetahui kalau adanya peningkatan Rp 100 ribu antara kedua generasi tersebut. Lalu bagaimana dengan perbandingan spesifikasinya? Apakah perangkatnya lebih mumpuni?

Simak Nih: Sederet Smartphone yang Diperkirakan Dapat Android Q, Nokia Terbanyak?

Ternyata tidak semuanya lebih baik, diketahui ada beberapa komponen yang malah mengalami penurunan. Sebagaimana yang dikatakan oleh Irvan Ridha selaku Trainer Lead HMD Global Indonesia, disebutkan salah satu keunggulan paling mencolok dari Nokia 4.2 ketimbang Nokia 3.1 Plus terletak pada processor dan tombol khusus Google Assistant.

Nokia 3.1 Plus
Gambar Nokia 3.1 Plus; Copyright ©The Verge

Seperti yang kita ketahui bahwa Nokia 3.1 Plus telah dipacu dengan chip MediaTek Helio P22, sedangkan untuk Nokia 4.2 sudah menggunakan komponen Snapdragon 439 sehingga kinerjanya juga lebih mumpuni. Lalu masalah kemampuan lain seperti baterainya ini yang mulai mengalami penurunan, dimana 3.1 Plus hadir dengan baterai 3.500 mAh, sedangkan 4.2 cuman 3.000 mAh saja.

Ketahui Yuk: Dirilis, Berikut Spesifikasi Utama dan Harga Nokia 4.2 di Indonesia

Kemudian untuk panel layarnya juga demikian dimana ponsel yang rilis bulan Maret tersebut hadir dengan display seluas 6 inci, dan Nokia 4.2 kemarin cuman dibekali dengan display seluas 5.7 inci. Meski demikian, untuk aspek rasionya masih lebih besar dikarenakan telah menerapkan konsep desain berponi mungil di atas layarnya.

Pada kamera belakangnya sama-sama ditemukan dual kamera tertanam, akan tetapi kalian perlu tahu bahwa Nokia 3.1 Plus menggunakan kombinasi lensa beresolusi 13MP + 5MP depth sensor, sedangkan untuk Nokia 4.2 memakai kombinasi kamera 13MP + 2MP depth sensor. Namun untuk kamera depannya sama-sama 8MP.

Memang sih pada awal peluncurannya, Nokia 3.1 Plus dibanderol Rp 2.4 juta. Akan tetapi kini sudah terjun bebas dimana harga terbarunya di Indonesia bisa lihat disini. Sehingga selisih dari Nokia 4.2 semakin jauh, dengan perbandingan spesifikasi yang terbilang cukup minim.

baca juga: Harga Nokia 4.2 dan Spesifikasi, Phablet Dual Kamera Snapdragon 439

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.